^ Back to Top
Facebook Twitter Feedburner Technorati
 
 
Anda berada di: Depan > Blog
Internet Messenger (IM) Server Dengan Openfire
Diposting pada: 2008-01-04 15:56:21 | Hits : 2404 | Kategori: Artikel

Ini bisa jadi salah satu solusi dikala internet menjadi kendala dalam berkomunikasi . Internet Messaging yang semakin populer karena kemudahan dan kecepatan dalam berkomunikasi kini menjadi hal yang tidak aneh lagi di dunia internet. Tidak sedikit IM di manfaatkan oleh semua kelompok masyarakat baik itu perusahaan, pelaku bisnis dan masyarakat umum dan tidak jarang IM dijadikan sebagai live support untuk kegiatan bisnis.

Sebelumnya pernah saya implementasikan di Dit PSMK Depdiknas Jakarta sebagai media komunikasi intranet di lingkungan kantor dan kini kembali saya implementasi di Wan Kota ICT Center Cianjur.

Dalam implementasi IM ini saya menggunakan distro linux turunan Centos (Elastix) yang telah mengintegrasikan VoIP (Voice over Internet Protocol) dengan IM Server Messaging (Openfire) sehingga kita bisa mengaplikasikan 2 aplikasi jaringan yang bisa saling interkoneksi. Mantep lho .. kita seolah-olah menjadi Yahoo Messenger-nya Yahoo atau Gtalk-nya Google dengan bantuan software Spark sebagai interface di sisi user. Hmm .. kayak skype deh ..

Saya tidak akan bahas detil, jadi hanya point-point pentingnya saja karena manualnya sudah disediakan oleh masing-masing aplikasi. :)

Langkah-langkah instalasi bisa dibilang mudah karena web interface sudah disiapkan untuk melakukan konfigurasi baik VoIP-nya maupun IM-nya. silakan di simak :

  1. Download dan burn iso image dari distro Elastix;
  2. Install di PC (recomended requirement bisa dilihat di webnya elastix) dan ikuti wizard pada saat instalasi sampai muncul login prompt (akan ada beberapa kali restart karena selain install OS, akan di install dan dilakukan konfigurasi default untuk VoIP servernya);
  3. Default, kita harus set IP untuk servernya. Login sebagai root, kemudian ketik di console "setup" dan masuk ke "Network Configuration" kemudian set ip static anda;
  4. Karena kita mau set up via web base, maka kita tinggalkan server kemudian akses IP server dari PC LAN (http://ipserver), default user "admin" password "palosanto". sampai disini kita bisa set Voip Server (Asterisk) dan IM Servernya (Openfire), Saya tidak akan bahas yang Voip Servernya karena itu juga ada manual/helpnya :)

Setting IM Server (Openfire)

  1. Pilih Tab IM pada web interface, kemudian klik link untuk mengaktifkan IM Servernya dan ikuti petujuk instalasinya;
  2. Kalo sudah aktif, interface Openfire bisa diakses dengan URL : http://ipserver:9090
  3. Login ke Openfire dan buat user;
  4. Download Spark kemudian login dengan menggunakan User dan Password yang dibuat kemudian Server gunakan IP server yang tadi;
  5. Untuk mencobanya, buat user yang lain supaya bisa berkomunikasi.
  6. Selamat mencoba!!

Catatan :

  • Openfire bisa interkoneksi dengan gateway IM lainnya seperti Yahoo Messenger, Google, IRC, ICQ dll sehingga login di Spark bisa multiple account dalam satu aplikasi IM Dekstop. jadi nggak usah install banyak aplikasi chatting :) caranya aktifkan Plug-in nya trus daftarkan user Openfire ke gateway IM yang diinginkan.

Download

Elastix ISO : http://downloads.sourceforge.net/elastix/Elastix-0.9.2-4-25dic2007.iso
Elastix Manual : http://downloads.sourceforge.net/elastix/Elastix_User_Manual_English_0.9-alpha.pdf

Spark : http://www.igniterealtime.org/

Galery : http://putragaluh.web.id/?page=gallery

 

Suka dengan tulisan ini? Klik Tombol LIKE atuhhh :)

Komentar

Produk Andalan Samsung di Perhelatan Berlin Roaming Hemat Telkomsel BlackBerry di 38 Negara Mark Zuckerberg: Tahun Ini Ada Puluhan Ponsel Facebook 10 Aplikasi Menambah Produktivitas Kerja (II) Proyek Baru Microsoft Siap Saingi Kacamata Google FIFA Ancam Sanksi Ada Kehidupan di Planet Mirip Bumi? Aneka Penawaran Ultrabook di Indocomtech 2012 Obama Kini Check-In di Foursquare Ini Hewan Tercepat di Dunia

MUTIARA HADIST
Sedekah Paling Besar Pahalanya :
Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Seseorang Datang Kepada Rasulullah Saw Lalu Bertanya, "Ya Rasulullah, Sedekah Manakah Yang Lebih Besar Pahalanya? Rasulullah Saw Menjawab, "Bersedekah Dalam Keadaan Sehat Sedang Engkau Amat Sayang Kepada Harta Tersebut, Takut Miskin Dan Mengharapkan Kekayaan. Oleh Sebab Itu Jangan Menunda-nunda Sehingga Apabila Ruh (nyawa) Sudah Sampai Di Tenggorokan (hampir Mati) Lalu Engkau Berwasiat Untuk Si Fulan Sekian, Untuk Si Fulan Sekian.
(Mutiara Hadist lainnya)

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

 
Komunitas Linux dan Opensource Cianjur
Hanya diCianjur
Hanya diCiamis

 

 
Blog PutraGaluh © Copyright 2010 All Rights Reserved | Powered By: GaluhWeb CMS (blog)