^ Back to Top
Facebook Twitter Feedburner Technorati
 
 
Anda berada di: Depan > Blog
Clean Backups Plug-in For CPanel/WHM
Diposting pada: 2012-07-08 13:37:25 | Hits : 1026 | Kategori: cPanel

cPanel memberikan opsi backup dengan berbagai alternatif diantaranya backup ke local harddisk (2nd hdd, dll) dan remote backup (backup berada di server lain).

Pada tulisan kali ini saya cuma akan sedikit berbagi informasi sekaligus pengalaman untuk opsi backup ke local harddisk.

Clean Backups plug-in for cPanel/WHM adalah salah satu project dari NDCHost.com yang diberikan secara free atau gratis. Plugin ini membantu kita untuk melakukan efisiensi usage/penggunaan pada harddisk backup yang digunakan. Karena salah satu kelemahan dari backup cpanel saat ini adalah file/folder account yang sudah dihapus/terminate ternyata otomatis menghapus backup account yang ada pada hdd backup. Otomatis space akan kian membengkak :)

Permasalahan diatas kini bisa dibantu dengan plugin Clean Backups, dan sudah tentunya ini hanya bisa diinstall oleh yang punya server (root akses, bukan reseller).

Instalasi

Jalankan perintah dibawah ini

# cd /home
# rm -f latest-cleanbackups
# wget http://www.ndchost.com/cpanel-whm/plugins/cleanbackups/download.php
# sh latest-cleanbackups

Pastikan proses instalasi berhasil, dan selanjutnya kita sudah bisa melakukan konfigurasi plugin tersebut lewat WHM.

Uninstall

Apabila plugin tersebut ternyata sudah tidak digunakan misalnya beralih ke remote backup atau hal lain, berikut cara untuk melakukan uninstall plugin Clean Backups :

# rm -rf /usr/local/cpanel/whostmgr/docroot/cleanbackups
# rm -rf /var/cpanel/cleanbackups/
# rm /usr/local/cpanel/whostmgr/docroot/cgi/addon_cleanbackups.cgi
# rm /scripts/postcpbackup
# rm /etc/cron.d/cleanbackups.cron

Selamat mencoba ..

Overview Clean Backups plug-in for cPanel/WHM

cPanels backup script will not remove backups for accounts that no longer exist and these backups will remain on the backup drive until removed. This plug-in gives administrators the ability to clean up their backup directory by setting how long they want to keep backups for accounts that no longer exist and removing those backups when they expire. The script can be run by hand or after automatically after the cPanel backup script finishes.

referensi: ndchost.com, forums.cpanel.net

 

Suka dengan tulisan ini? Klik Tombol LIKE atuhhh :)

Komentar

Bahaya, Data-data Pribadi di Ponsel Bekas Bisa Dikembalikan Prospek Komputer Murah Tahun 2011 Cerah Sambut Hadirnya Notebook Ultra Series, Partner Baru yang Mobile Stasiun Luar Angkasa Ditembus Meteor Sekecil Peluru Apa Kabar Hilton Moreira? Berburu Tablet Android Kurang dari Rp 3 Juta di FKI 2012 Ular Albino Berkepala Dua Kagetkan Ilmuwan AS Ilmuwan Ciptakan Semut Monster Facebook Luncurkan Fitur Belanja Bareng FOTO: Ketika Google Glass Hadir di Balapan F1

MUTIARA HADIST
Halal Dan Haram Itu Sudah JELAS :
Abu Abdillah Nu'man Bin Basyir Ra Berkata: Aku Mendengar Rasulullah SAW Bersabda, "Sesungguhnya Yang Halal Itu Telah Jelas Dan Yang Haram Pun Telah Jelas. Sedangkan Di Antaranya Ada Masalah Yang Samar-samar (syubhat) Yang Kebanyakan Manusia Tidak Mengetahui (hukum)-nya. Barangsiapa Menghindari Yang Samar-samar, Maka Ia Telah Membersihkan Agama Dan Kehormatannya. Barangsiapa Yang Jatuh Ke Dalam Yang Samar-samar, Maka Ia Telah Jatuh Ke Dalam Perkara Yang Haram. Seperti Penggembala Yang Berada Di Dekat Pagar (milik Orang Lain); Dikhawatirkan Ia Akan Masuk Ke Dalamnya. Ketahuilah Bahwa Setiap Raja Memiliki Pagar (aturan). Ketahuilah, Bahwa Pagar Allah Adalah Larangan-larangan-Nya. Ketahuilah, Bahwa Di Dalam Jasad Manusia Terdapat Segumpal Daging. Jika Ia Baik, Maka Baik Pula Seluruh Jasadnya; Dan Jika Ia Rusak, Maka Rusak Pula Seluruh Jasadnya. Ketahuilah Bahwa Segumpal Daging Itu Adalah Hati."
(Mutiara Hadist lainnya)

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

 
Komunitas Linux dan Opensource Cianjur
Hanya diCianjur
Hanya diCiamis

 

 
Blog PutraGaluh © Copyright 2010 All Rights Reserved | Powered By: GaluhWeb CMS (blog)