^ Back to Top
Facebook Twitter Feedburner Technorati
 
 
Anda berada di: Depan > Blog
Cloning USB Flashdisk Di Ubuntu
Diposting pada: 2011-02-07 11:40:22 | Hits : 2963 | Kategori: Ubuntu

Berawal dari request dari seorang temen yang mengingikan 1 copy USB Flashdisk yang berisi installer OS yUeSBi Server 9.2 "Alpha" - Release i386. Sebelumnya dicoba dengan cara copy isi USB Flashdisk ke USB Flashdisk yang lain namun hasilnya nihil. Begitupun dengan cara create iso image tidak menjadi solusi.

Akhirnya berkat bantuan om Google yang mengarahkan saya pada sebuah postingan di ubuntuforum.org

Berikut langkah persiapannya:

  • Pastikan sudah disiapkan usb flashdisk source (master yang akan dikloning) saya sebut flashdisk1 dan usb flasdisk destination (usb flashdisk tujuan) saya sebut flashdisk2. Pastikan juga space yang dimiliki oleh flashdisk2 sama persis dengan flashdisk1. lebih direkomendasikan merek dan tipenya sama persis hee untuk  menghindari perbedaan block sector yang dimiliki flashdisk2 sebagai copy dari flashdisk1.
  • Masukkan flashdisk1 ke usb port, untuk ubuntu akan langsung di mounting untuk melihatnya bisa dicek dengan perintah "df" pada console. misalnya sdc1
  • Masukkan flashdisk2 ke usb port, untuk ubuntu akan langsung di mounting untuk melihatnya bisa dicek dengan perintah "df" pada console. misalnya sdd1

Setelah persiapan diatas ok, yang harus diperhatikan lagi adalah bahwa perintah untuk kloning ini tidak akan berakibat fatal apabila terjadi kekeliruan dalam persiapan diatas.

Langkah selanjutnya adalah menjalankan 1 baris perintah pada console (level root atau sudo terlebih dahulu) sebagai berikut:

dd if=/dev/sdc1 of=/dev/sdd1 bs=4096

sdc1 = flasdisk sumber/master atau flashdisk1
sdd1 = flasdisk tujuan atau flashdisk2

Lamanya proses kloning ini tergantung dari space usb flashdisk yang digunakan, untuk memastikan prose berjalan bisa dilihat dari lampu indicator usb flashdisk (apabila ada). Apabila proses sudah selesai, pastikan informasi yang diberikan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya misalnya jumlah data yang tersalin dari flashdisk1 ke flashdisk2 harus sama persis.

INGAT!! jangan salah menentukan sumber dan tujuan, karena akan berakibat hilangnya data pada flasdisk sumber. dan untuk diketahui perintah diatas tidak akan meminta konfirmasi alias akan langsung dieksekusi oleh sistem.

Detil mengenai perintah "dd" bisa dilihat dengan perintah "man dd" pada console/terminal :)

ok, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ..

 

Suka dengan tulisan ini? Klik Tombol LIKE atuhhh :)

Komentar

Surfing Efektif Menggunakan Ekstensi Opera AMD Fusion APU, Pembunuh Atom-Intel? Ini Penyebab Layanan WhatsApp Tidak Bisa Diakses Google Tampilkan Balap Karung, Sambut 17 Agustus 2011, Bakrie Telecom Gelar Layanan 4G Ravi Desai: Mobil Listrik Akan Dijual Agustus VIDEO: Bila Burung dan Kucing Bebas Gravitasi Facebook Blokir Iklan Google+ Layanan E-mail yang Dipakai Snowden Gulung Tikar Produk Baidu Pincut 3 Juta Orang di Indonesia

MUTIARA HADIST
Hebatnya Shalat 5 Waktu :
Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Saya Telah Mendengar Rasulullah Saw Bersabda, Bagaimanakah Pendapatmu Seumpama Ada Sebuah Sungai Di Muka Pintu Salah Seorang Dari Kamu, Lalu Ia Mandi Daripadanya Setiap Hari Lima Kali, Apakah Masih Ada Tertinggal Kotorannya?" Para Sahabat Menjawab, "Tidak." Nabi Saw Bersabda, "Maka Demikianlah Shalat Lima Waktu, Allah Akan Menghapuskan Dosa-dosa Dengannya."
(Mutiara Hadist lainnya)

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

 
Komunitas Linux dan Opensource Cianjur
Hanya diCianjur
Hanya diCiamis

 

 
Blog PutraGaluh © Copyright 2010 All Rights Reserved | Powered By: GaluhWeb CMS (blog)