^ Back to Top
Facebook Twitter Feedburner Technorati
 
 
Anda berada di: Depan > Blog
Codeigniter: Facebook Graph API Dengan Library Curl
Diposting pada: 2010-07-13 20:41:05 | Hits : 3855 | Kategori: CodeIgniter

Setelah sebelumnya berhasil menggunakan plugin Facebook Connect Codeigniter versi Elliot Haughin meski masih ada error sessionnya :) namun secara konsep sudah cukup untuk integrasi Ci dengan Facebook API. Plugin ini masih banyak kekurangan diantaranya belum ada bug fix resminya dan manual yang dijanjikan developernya juga belum kunjung dirilis :)

Akhirnya, dapet info dari milis codeigniter-id tentang penggunaan plugin Curl yang telah diimplementasikan oleh mas Didats Triadi yang menurut saya sih lebih simple dibanding penggunaan plugin tersebut. Wah .. dah nggak sabar pengen coba :)

Saya ambil garis besarnya saja, untuk artikel lengkapnya bisa langsung ke TKP di http://didats.net/page/codeigniter-dan-facebook-graph-api

Yang perlu disiapkan adalah 1 librari dan 1 file controller dan 1 file view. Tidak perlu unduh (download) yang lain. Facebook Graph API ini memang jauh lebih simpel. Dan saya sangat menikmati proses belajar ini. Dan perlu diketahui, bahwa tutorial kali ini tidak akan mencakup banyak hal. Saya hanya mengharapkan anda mengerti konsep baru yang ditawarkan Facebook ini.

Sebelum memulai, pastikan beberapa hal berikut ini:

  1. Versi PHP yang dipakai adalah versi 5
  2. Pengetesan skrip tidak bisa dilakukan di server lokal. Jadi anda harus punya hosting dan harus online
  3. Codeigniter yang saya pakai 1.7.2, saya kurang tahu apa tetap akan sama jika menggunakan versi lama

Controller itu nantinya akan punya 2 method, yang pertama sebagai gerbang pertama sebelum pengguna (user) masuk ke Facebook. Dan yang kedua sebagai penerima data dari Facebook. Berikut adalah gambar perjalanan aplikasi kita yang berkomunikasi dengan Facebook (semoga ngerti, saya kurang bisa gambar).

Dari gambar di atas, berikut detail yang bisa saya berikan:

  1. Ketika pengguna mengeklik sebuah tautan di aplikasi kita (bisa berupa link, tombol, atau apa saja)
  2. Aplikasi kita mengarahkan pengguna untuk login dulu ke Facebook dan atau menerima konfirmasi tentang informasi apa saja yang akan aplikasi kita butuhkan. Tautan itu seperti ini:
    https://graph.facebook.com/oauth/authorize?client_id=[client_app_id]&redirect_uri=[redirect_uri]
  3. Dari tautan di atas, [client_app_id] diambil dari kode aplikasi ketika kita selesai mendaftarkan aplikasi di Facebook. Sedangkan [redirect_uri] adalah URL yang akan kita gunakan untuk menangkap kode dari Facebook berupa $_GET['code']. Maka dari itu, aplikasi kita harus menerima query string (lihat bagian konfigurasi di atas).
  4. Setelah Facebook mengirim kode, kita perlu akses token untuk mendapatkan data-data pengguna Facebook. Untuk mendapatkan akses token, kita perlu menghubungi lagi Facebook dengan mengirim data kode (yang kita dapat di nomor 2), [redirect_uri] dan [secret_code].
  5. Setelah itu Facebook akan mengirimkan akses token dalam format JSON.
  6. Setelah punya akses token, kita bisa bebas meminta data-data pengguna ke Facebook.

Berikut Download Berkas dan Live Demonya :

unduh

demo

Untuk memperoleh artikel lengkapnya bisa langsung ke TKP di http://didats.net/page/codeigniter-dan-facebook-graph-api

Selamat mencoba, untuk review penggunaan metode ini insyaallah saya posting kembali .. semoga berhasil heee

 

Suka dengan tulisan ini? Klik Tombol LIKE atuhhh :)

Komentar

SAP Targetkan Tumbuh 40 Persen di Sektor UKM Kodok Tumbuhkan Gigi dalam 20 Juta Tahun VIDEO: Adu Kemampuan "Batu-Gunting-Kertas" Melawan Robot Mahasiswa Berlomba Membuat Peta Bencana MyPower Probox, Powerbank dengan Fitur Proteksi Apa Gunanya Kelelawar Bagi Manusia Pengguna Asal RI Buka Facebook 2 Kali Sehari VIDEO: Robot Bersepeda Fixie REVIEW: OPPO Find 5 Facebook Akuisisi Aplikasi Ponsel Snaptu

MUTIARA HADIST
Apakah Ini Sering Terjadi Pada Anda? :
Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Apabila Telah Diserukan Adzan Untuk Shalat Maka Berlari Mundurlah Setan Sambil Terkentut-kentut, Hingga Tidak Terdengar Olehnya Suara Adzan Itu. Apabila Adzan Telah Selesai, Ia Pun Datang Kembali. Kemudian Ia Mengganggu Hati Orang Yang Shalat, Seraya Berkata, 'Ingatlah Ini Dan Ingatlah Itu.' Padahal Yang Demikian Itu Tidak Pernah Diingatnya Sebelum Shalat. Sehingga Orang Yang Shalat Itu Tidak Tahu Lagi, Sudah Berapa Rakaatkah Shalat Yang Dikerjakannya Itu."
(Mutiara Hadist lainnya)

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

 
Komunitas Linux dan Opensource Cianjur
Hanya diCianjur
Hanya diCiamis

 

 
Blog PutraGaluh © Copyright 2010 All Rights Reserved | Powered By: GaluhWeb CMS (blog)