^ Back to Top
Facebook Twitter Feedburner Technorati
 
 
Anda berada di: Depan > Blog
Facebook Connect Codeigniter
Diposting pada: 2010-06-01 14:05:04 | Hits : 7230 | Kategori: CodeIgniter

Allhammdulillah, diawal bulan juni 2010 ini ada sesuatu yang bisa diposting yakni tentang implementasi plugin Facebook Connect pada Codeigniter. 2 hari mulai kumpulkan referensi, mulai dari forum codeigniter sampai ke forum developer facebooknya. Akhirnya nemu satu referensi yakni plugin yang dibuat oleh Elliot Haughin (http://www.haughin.com/). Beberapa thread forum memang agak membuat pesimis karena plugin ini memang belum memiliki dokumentasi sehingga belum ada acuan yang jelas.

Sebelum posting tulisan ini, tentunya saya coba dulu dan allhammdulillah berhasil meskipun saat ini masih terbatas hanya untuk form komentar saja. Namun dengan konsep yang dimiliki oleh Facebook Connect, sebenarnya bisa dikembangkan lebih luas lagi sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum, Facebook Connect akan memberikan beberapa data public dari akun facebook seperti uid, nama depan, nama belakang, gambar profile, url profil dll. Dengan fitur tersebut, kita bisa mengambil data yang disediakan oleh Facebook untuk keperluan aplikasi. Dalam implementasi yang saya lakukan, diantaranya saya mengambil userid, nama depan, nama belakang, profile image dan url profile untuk mengisi form komentar. Sebenarnya akan lebih lengkap apabila data email bisa diambil juga, namun dikarenakan kebijakan facebook dan alasan menghindari spam maka email akun facebook tidak bisa kita ambil.

Secara teknis integrasi di Codeigniter cukup simple, saya coba bahas secara umum berdasarkan informasi dari Readme Pluginnya :).

Update 14/07/2010: ditemukan error session, sampai sekarang belum ada bug fixnya. silakan untuk mencoba alternatif lainnya yaitu Facebook Graph API Dengan Library Curl

Download Plugin Facebook Connect

Plugin bisa didowload secara gratis (GNU/GPL), Klik DISINI untuk download Plugin.

Instruksi Dasar (ekstrak terlebih dahulu)

(1) Salin file dalam direktori application ke direktori application CodeIgniter Anda. Didalamnya sudah termasuk salah satu file config (facebook.php), satu file library (facebook_connect.php), facebook-client, satu contoh controller (home.php), dan satu contoh view file (fbtest.php).

(2) Salin file xd_receiver.htm ke root direktori Codeigniter (satu direktori dengan index.php Codeigniter anda)

(3) Buat Facebook Application di http://www.facebook.com/developers/createapp.php dan ikuti langkah-langkahnya. Kemudian catat API Key dan Secret Key atau langsung dimasukkan ke file facebook.php yang berada di folder config

Daftar Facebook application

(4) Dalam setting Facebook Application anda, setting untuk Connect URL disesuaikan dengan URL anda, misalnya http://www.putragaluh.web.id/ dan Base Domain diisi dengan Top Level Domain anda misalnya putragaluh.web.id supaya Facebook App bisa diakses di multi subdomain.

API & Secret Key Facebook application

Dengan 4 langkah diatas, mestinya plugin sudah berfungsi. silakan akses controller home url anda http://namadomain.com/index.php/home (silakan disesuaikan).

Facebook Coonect

Selamat mencoba, apabila ada yang keliru atau ada yang mau menambahkan ditunggu ya ..

Update 14/07/2010: ditemukan error session, sampai sekarang belum ada bug fixnya. silakan untuk mencoba alternatif lainnya yaitu Facebook Graph API Dengan Library Curl

 

Suka dengan tulisan ini? Klik Tombol LIKE atuhhh :)

Komentar

VIDEO: Hujan Meteor Gegerkan Rusia Brazil Temukan Suku Amazon Terasing Mengapa Warga Tibet Bisa Tahan Dingin dan Ketinggian? Galaxy S4 Vs iPhone 5, Mana Lebih Kencang? Dua Tahun Lagi Microsoft Akan 'Bunuh' IE8 Foto Korban Sukhoi di Twitter 100% Palsu Review GrowURL Kelapa Sawit Jadi Unggulan Iptek Google Rayakan HUT Programer Komputer Pertama ke-197 Deutche Telecom Layani Pemesanan iPhone 5

MUTIARA HADIST
Muslim Yang Saling Membunuh :
Dari Abu Bakrah (Nufa'i) Bin Al Harits Ats Tsaqafy Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Apabila Dua Orang Muslim Berhadapan Dengan Pedang Masing-masing Maka Pembunuh Dan Terbunuh Keduanya Sama-sama Masuk Neraka. Abu Bakrah Bertanya, "Ya Rasulullah, Yang Membunuh Jelas Masuk Neraka Tetapi Mengapa Yang Terbunuh Juga Demikian? Rasulullah Saw Menjawab, "Karena Ia Juga Memiliki Niat Sungguh-sungguh Akan Membunuh Lawannya."
(Mutiara Hadist lainnya)

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

 
Komunitas Linux dan Opensource Cianjur
Hanya diCianjur
Hanya diCiamis

 

 
Blog PutraGaluh © Copyright 2010 All Rights Reserved | Powered By: GaluhWeb CMS (blog)