^ Back to Top
Facebook Twitter Feedburner Technorati
 
 
Anda berada di: Depan > Blog
Mengenal Cloudflare
Diposting pada: 2011-10-26 10:24:18 | Hits : 1635 | Kategori: Internet

Seiring dengan tidak terbendungnya perkembangan teknologi informasi khususnya internet, kemudahan, kecepatan, dan kestabilan akses situs menjadi prioritas yang tidak bisa disepelekan. Berbagai layanan terobosan kian bermunculan baik yang free/opensource maupun yang komersial.

Teknologi CDN (Content Delivery Network) menjadi salah satu solusi untuk berbagai pertimbangan mulai dari keamanan, opstimasi, kecepatan akses dll.

Cloudflare

Cloudflare, adalah layanan CDN (Content Delivery Network) dan distibusi Domain Name Server yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan akses website yang disertai dengan fitur keamanan. Cloudflare menyediakan layanan gratis dan berbayar.

Cloudflare dibuat pada tahun 2009 oleh Matthew Prince, Lee Holloway, dan Michelle Zatlyn. Matthew Prince and Lee Holloway sebelumnya bekerja pada Project Honey Pot. Sedangkan Cloudflare sendiri diresmikan/dilaunching pada September 2010.

CloudFlare dapat digunakan oleh siapa saja untuk situs web dan dengan menggunakan domain sendiri, terlepas dari platform yang dipilih. Kurang lebih dibutuhkan 5 menit untuk melakukan setting. Menambahkan website hanya membutuhkan perubahan sederhana untuk pengaturan DNS domain Anda. Tidak ada kebutuhan perangkat keras atau perangkat lunak untuk menginstal atau untuk pemeliharaan dan tidak diperlukan perubahan kode yang sudah ada situs.

Untuk diketahui, Cloudflare saat ini bekerja CNAME record sehingga tidak bisa diterapkan langsung ke Top Level Domain (TLD). Misalnya saya tidak bisa langsung menerapkan di putragaluh.web.id melainkan pada http://www.putragaluh.web.id (record www dibuat dengan type CNAME). Meskipun demikian, secara teknis hal tersebut bisa disiasati dengan penggunaan .htaccess apabila root domain/TLD ingin dihandle juga oleh Cloudflare.

Apabila Cloudflare sudah diaktifkan, maka apabila kita lakukan test ping ke domain misalnya ke http://www.putragaluh.web.id maka akan resolve ke www.putragaluh.web.id.cdn.cloudflare.net (dengan catatan proses propagasi dns telah sempurna).

Tertarik menggunakan Cloudflare ? tidak perlu report setting ? caranya gampang, putragaluh.web.id hosting di GaluhWeb.com yang merupakan salahsatu Partner Cloudflare, sehingga untuk mengaktifkan Cloudflare bisa cukup dilakukan di cPanel saja simple dan mudah.

Cloudflare sangat cocok bagi site yang dihost di IIX/Indonesia apabila site anda ingin diakses maksimal dari seluruh dunia. Karena saat ini Cloudflare CDN memiliki kurang lebih 12 lokasi server yakni Amsterdam, NL - Ashburn, VA - Chicago, IL - Dallas, TX - Frankfurt, DE - Hong Kong, HK - Los Angeles, CA - Newark, NJ - Paris, FR - San Jose, CA - Singapore, SG dan Tokyo, JP.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam,

referensi: cloudflare.com

 

Suka dengan tulisan ini? Klik Tombol LIKE atuhhh :)

Komentar

Apple Mulai Uji Jam Tangan? Konsol Game Buatan China Segera Dirilis Intel: Masa Depan Ada di "Bahasa Tubuh" Facebook Picu Tren Narsisme Kata Siapa Orang Sunda Tidak Bisa Bilang F? PITNAH!!! Inikah Penerus Kamera Canon PowerShot G12? Blackberry Serius Garap Konten Lokal Jatuh dari 400 Meter, iPad Tidak Rusak Telkomsel Gandeng BlackBerry Curve 9220 @Radio Dorong Inovasi Siaran Radio ke Internet

MUTIARA HADIST
Puasa Yang Diterima :
Barangsiapa Yang Berpuasa Dengan Keimanan Dan Dalam Rangka Mencari Pahala Disisi Allah, Maka Dosanya Yang Telah Lalu Diampuni.
(Mutiara Hadist lainnya)

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

 
Komunitas Linux dan Opensource Cianjur
Hanya diCianjur
Hanya diCiamis

 

 
Blog PutraGaluh © Copyright 2010 All Rights Reserved | Powered By: GaluhWeb CMS (blog)