^ Back to Top
Facebook Twitter Feedburner Technorati
 
 
Anda berada di: Depan > Blog
Mengenal Cloudflare
Diposting pada: 2011-10-26 10:24:18 | Hits : 1353 | Kategori: Internet

Seiring dengan tidak terbendungnya perkembangan teknologi informasi khususnya internet, kemudahan, kecepatan, dan kestabilan akses situs menjadi prioritas yang tidak bisa disepelekan. Berbagai layanan terobosan kian bermunculan baik yang free/opensource maupun yang komersial.

Teknologi CDN (Content Delivery Network) menjadi salah satu solusi untuk berbagai pertimbangan mulai dari keamanan, opstimasi, kecepatan akses dll.

Cloudflare

Cloudflare, adalah layanan CDN (Content Delivery Network) dan distibusi Domain Name Server yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan akses website yang disertai dengan fitur keamanan. Cloudflare menyediakan layanan gratis dan berbayar.

Cloudflare dibuat pada tahun 2009 oleh Matthew Prince, Lee Holloway, dan Michelle Zatlyn. Matthew Prince and Lee Holloway sebelumnya bekerja pada Project Honey Pot. Sedangkan Cloudflare sendiri diresmikan/dilaunching pada September 2010.

CloudFlare dapat digunakan oleh siapa saja untuk situs web dan dengan menggunakan domain sendiri, terlepas dari platform yang dipilih. Kurang lebih dibutuhkan 5 menit untuk melakukan setting. Menambahkan website hanya membutuhkan perubahan sederhana untuk pengaturan DNS domain Anda. Tidak ada kebutuhan perangkat keras atau perangkat lunak untuk menginstal atau untuk pemeliharaan dan tidak diperlukan perubahan kode yang sudah ada situs.

Untuk diketahui, Cloudflare saat ini bekerja CNAME record sehingga tidak bisa diterapkan langsung ke Top Level Domain (TLD). Misalnya saya tidak bisa langsung menerapkan di putragaluh.web.id melainkan pada http://www.putragaluh.web.id (record www dibuat dengan type CNAME). Meskipun demikian, secara teknis hal tersebut bisa disiasati dengan penggunaan .htaccess apabila root domain/TLD ingin dihandle juga oleh Cloudflare.

Apabila Cloudflare sudah diaktifkan, maka apabila kita lakukan test ping ke domain misalnya ke http://www.putragaluh.web.id maka akan resolve ke www.putragaluh.web.id.cdn.cloudflare.net (dengan catatan proses propagasi dns telah sempurna).

Tertarik menggunakan Cloudflare ? tidak perlu report setting ? caranya gampang, putragaluh.web.id hosting di GaluhWeb.com yang merupakan salahsatu Partner Cloudflare, sehingga untuk mengaktifkan Cloudflare bisa cukup dilakukan di cPanel saja simple dan mudah.

Cloudflare sangat cocok bagi site yang dihost di IIX/Indonesia apabila site anda ingin diakses maksimal dari seluruh dunia. Karena saat ini Cloudflare CDN memiliki kurang lebih 12 lokasi server yakni Amsterdam, NL - Ashburn, VA - Chicago, IL - Dallas, TX - Frankfurt, DE - Hong Kong, HK - Los Angeles, CA - Newark, NJ - Paris, FR - San Jose, CA - Singapore, SG dan Tokyo, JP.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam,

referensi: cloudflare.com

 

Suka dengan tulisan ini? Klik Tombol LIKE atuhhh :)

Komentar

Konglomerat Internet China Bidik Yahoo Terendah Se-Asia, Seberapa Parah Koneksi Internet di Indonesia? AFF 2010 Indonesia vs Thailand 2-1, Garuda Sempurna! Saudara Sepupu T-Rex Ditemukan di China VIDEO: Letusan Gunung Grimsvotn Dari Satelit BlackBerry Catat Kerugian UGM Juara Mobile Games Developer War 2 RIM Siapkan 6 Produk Baru Berbasis BlackBerry 10 Malam Ini, Supermoon Muncul di Langit Hard Reset Samsung Omnia Pro B7320!

MUTIARA HADIST
Apakah Anda Bisa Seperti Ini? :
Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Ada Seseorang Yang Biasa Menghutangkan Kepada Orang-orang, Maka Jika Ia Menyuruh Menagih Kepada Pesuruhnya, Ia Selalu Berpesan, 'Jika Kamu Mendapati Orang Itu Masih Belum Dapat Membayar, Maka Maafkanlah Dia, Semoga Allah Memaafkan Kami Kelak.' Maka Ketika Ia Berhadapan Dengan Allah, Allah Memaafkannya."
(Mutiara Hadist lainnya)

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

 
Komunitas Linux dan Opensource Cianjur
Hanya diCianjur
Hanya diCiamis

 

 
Blog PutraGaluh © Copyright 2010 All Rights Reserved | Powered By: GaluhWeb CMS (blog)