^ Back to Top
Facebook Twitter Feedburner Technorati
 
 
Anda berada di: Depan > Blog
Menggunakan Domain Sendiri Untuk Blogspot.com
Diposting pada: 2010-06-16 20:32:15 | Hits : 2491 | Kategori: Website

Blog memang bukan istilah yang baru bahkan kini menjadi suatu hal yang akan wajib ditanyakan dikala mendapat teman baru atau bertemu dengan teman lama. Lewat blog lah biasanya kita mencurahkan setiap tulisan baik artikel, berita atau bahwa curhat.

Cukup basa-basinya :) ok kita langsung saja dengan Blogger/Blogspot. Sebagai salah satu layanan yang kini dimiliki oleh Perusahaan Raksasa Google tentunya menjadi alasan banyaknya Blogger menggunakan layanan ini. Dengan menggunakan layanan blog dari blogger.com, kita akan memperoleh sebuah subdomain dari blogspot.com. Misalnya saya bisa menggunakan subdomain putragaluh.blogspot.com untuk blog yang didaftarkan di blogger.com atau blogspot.com

Custom Domain di Blogger.com

Selain menggunakan subdomain dari blogspot.com, kita juga diberi opsi untuk menggunakan domain sendiri (misalnya: putragaluh.web.id) untuk account blog kita. Baik itu menggunakan domain yang telah dimiliki atau mendaftakan domain lewat google dengan mengeluarkan kocek kurang lebih $10 USD untuk 1 nama domain  (com, net, org, info & biz) per tahunnya. Berbeda dengan wordpress.com, untuk menggunakan domain sendiri (Domain Mapping) kita harus membayar $9.97 USD/domain/tahun atau $14.97 USD untuk Domain Mapping+Domain /domain/tahun-nya.

Untuk menggunakan layanan Custom Domain di blogger.com pastikan anda telah memiliki 1 domain/subdomain aktif yang siap dimanage nantinya.

Berikut langkah-langkah secara umum untuk menggunakan domain sendiri pada account Blogger.com anda :

Aktifkan Custom Domain

Aktifkan Custom Domain

Menu untuk mengaktifkan custom domain berada di Settings > Publishing, disana kita akan menemukan link custom domain. Pilihan pertama kita akan dihadapkan pada form pembelian domain via google, silakan ikuti wizard/step2 registrasinya atau pilih Advance Setting untuk menggunakan domain yang telah kita miliki (bisa juga menggunakan subdomain, misalnya blog.namadomainanda.com). Isi nama domain/subdomain pada form yang telah disediakan, kemudian Save Settings.

Manage Domain/Subdomain

Manage Domain/Subdomain

Pada domain panel/domain manager, ada beberapa hal yang harus dilakukan yang intinya domain/subdomain akan diarahkan ke servernya blogger yang nama domainnya telah kita mapping di account blogger kita. Domain manager ini biasanya diperoleh dari tempat kita mendaftarkan domain (bukan domain ID) yang menyertakan fitur Manage DNS. Namun kini untuk domain internasional com, net, info, org dll sudah banyak penyedia layanan registrasi domain yang memberikan Manage DNS Gratis. Misalnya di www.galuhweb.com dengan 95rb/th kita sudah memperoleh full fitur untuk domain yang kita daftarkan termasuk layanan Free DNS untuk kelola records-records domain kita nantinya. Atau mau semua gratis ? bisa juga pakai domain gratis dari co.cc atas sejenisnya :). Sedangkan untuk menggunakan domain ID atau yang tidak memperoleh layanan Manage DNS Records, maka kita bisa menggunakan Free DNS seperti http://freedns.afraid.org/ dll.

Implementasi pada TLD (Top Level Domain), misalnya putragaluh.web.id

Buat CNAME Records untuk www dan diarahkan ke ghs.google.com sehingga account blogger bisa diakses menggunakan URL www.putragaluh.web.id

Supaya blog bisa diakses menggunakan TLD tanpa CNAME atau subdomain, maka kita harus create A Records sehingga blog bisa diakses dengan menggunakan URL putragaluh.web.id (tanpa www). Apabila A records tidak dibuat maka blog tidak bisa diakses menggunakan URL putragaluh.web.id (tanpa www).

A records yang dibuat untuk domain kita (putragaluh.web.id) masing-masing dirahkan ke 4 IP, yakni

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Implementasi pada subdomain, misalnya blog.putragaluh.web.id

Buat CNAME "blog" pada domain manager putragaluh.web.id dan arahkan ke "ghs.google.com".

Sampai tahap ini, seharusnya blog anda yang berada di blogger.com/blogspot.com sudah bisa diakses menggunakan domain sendiri yang kita setting. Untuk hasil maksimal, domain biasanya akan mengalami masa penyebaran diinternet (Propagasi Domain) sehingga domain tersebut bisa kita akses setelah proses propagasi domain selesai. Mengenai Propagasi Domain, bisa disimak ditulisan saya sebelumnya :)

Ok, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. apabila ada yang keliru atau ada yang ingin menambahkan ditunggu pisan ya ..

ref: http://help.blogger.com/bin/answer.py?answer=55373

 

Suka dengan tulisan ini? Klik Tombol LIKE atuhhh :)

Komentar

Survei: Pengguna SocMed Naik, Email Turun "Racing Game" di Ponsel Tumbuh Pesat Mesin RO Siap Tangani Kualitas Air Terbaik Kampanyekan Cloud dengan Solusi Satu Kotak Perusahaan Teknologi Turut Selamati Jokowi-JK Instagram Dipastikan Sambangi Windows Phone Google Siapkan Android Key Lime Pie? Bursa Transfer Persib 2012-2013 Nokia Bawa Fitur "Smartphone" ke Ponsel Asha Bisnis Analitik Jadi Fondasi Penting

MUTIARA HADIST
Optimis Dan Positive Thingkinglah Kepada Allah ! :
Aku Adalah Menurut Persangkaan Hamba-Ku Kepada-Ku.Dan Aku Bersamanya Sepanjang Ia Ingat Kepada-Ku. Jika Ia Menyebut-Ku Dalam Dirinya, Maka Aku Menyebutnya Dalam Diri-Ku. Ketika Ia Menyebut-Ku Ditengah-tengah Sekelompok Orang, Maka Aku Menyebutkannya Di Tengah-tengah Kelompok Yang Lebih Baik Dari Mereka (kelompok Malaikat).
(Mutiara Hadist lainnya)

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

 
Komunitas Linux dan Opensource Cianjur
Hanya diCianjur
Hanya diCiamis

 

 
Blog PutraGaluh © Copyright 2010 All Rights Reserved | Powered By: GaluhWeb CMS (blog)