Codeigniter: Facebook Graph API Dengan Library Curl

Selasa, 13/07/2010 Codeigniter 5768 hits


Setelah sebelumnya berhasil menggunakan plugin Facebook Connect Codeigniter versi Elliot Haughin meski masih ada error sessionnya :) namun secara konsep sudah cukup untuk integrasi Ci dengan Facebook API. Plugin ini masih banyak kekurangan diantaranya belum ada bug fix resminya dan manual yang dijanjikan developernya juga belum kunjung dirilis :)

Akhirnya, dapet info dari milis codeigniter-id tentang penggunaan plugin Curl yang telah diimplementasikan oleh mas Didats Triadi yang menurut saya sih lebih simple dibanding penggunaan plugin tersebut. Wah .. dah nggak sabar pengen coba :)

Saya ambil garis besarnya saja, untuk artikel lengkapnya bisa langsung ke TKP di http://didats.net/page/codeigniter-dan-facebook-graph-api

Yang perlu disiapkan adalah 1 librari dan 1 file controller dan 1 file view. Tidak perlu unduh (download) yang lain. Facebook Graph API ini memang jauh lebih simpel. Dan saya sangat menikmati proses belajar ini. Dan perlu diketahui, bahwa tutorial kali ini tidak akan mencakup banyak hal. Saya hanya mengharapkan anda mengerti konsep baru yang ditawarkan Facebook ini.

Sebelum memulai, pastikan beberapa hal berikut ini:

  1. Versi PHP yang dipakai adalah versi 5
  2. Pengetesan skrip tidak bisa dilakukan di server lokal. Jadi anda harus punya hosting dan harus online
  3. Codeigniter yang saya pakai 1.7.2, saya kurang tahu apa tetap akan sama jika menggunakan versi lama

Controller itu nantinya akan punya 2 method, yang pertama sebagai gerbang pertama sebelum pengguna (user) masuk ke Facebook. Dan yang kedua sebagai penerima data dari Facebook. Berikut adalah gambar perjalanan aplikasi kita yang berkomunikasi dengan Facebook (semoga ngerti, saya kurang bisa gambar).

Dari gambar di atas, berikut detail yang bisa saya berikan:

  1. Ketika pengguna mengeklik sebuah tautan di aplikasi kita (bisa berupa link, tombol, atau apa saja)
  2. Aplikasi kita mengarahkan pengguna untuk login dulu ke Facebook dan atau menerima konfirmasi tentang informasi apa saja yang akan aplikasi kita butuhkan. Tautan itu seperti ini:
    https://graph.facebook.com/oauth/authorize?client_id=[client_app_id]&redirect_uri=[redirect_uri]
  3. Dari tautan di atas, [client_app_id] diambil dari kode aplikasi ketika kita selesai mendaftarkan aplikasi di Facebook. Sedangkan [redirect_uri] adalah URL yang akan kita gunakan untuk menangkap kode dari Facebook berupa $_GET['code']. Maka dari itu, aplikasi kita harus menerima query string (lihat bagian konfigurasi di atas).
  4. Setelah Facebook mengirim kode, kita perlu akses token untuk mendapatkan data-data pengguna Facebook. Untuk mendapatkan akses token, kita perlu menghubungi lagi Facebook dengan mengirim data kode (yang kita dapat di nomor 2), [redirect_uri] dan [secret_code].
  5. Setelah itu Facebook akan mengirimkan akses token dalam format JSON.
  6. Setelah punya akses token, kita bisa bebas meminta data-data pengguna ke Facebook.

Berikut Download Berkas dan Live Demonya :

unduh

demo

Untuk memperoleh artikel lengkapnya bisa langsung ke TKP di http://didats.net/page/codeigniter-dan-facebook-graph-api

Selamat mencoba, untuk review penggunaan metode ini insyaallah saya posting kembali .. semoga berhasil heee

: tanpa label



Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Kepercayaan bahwa bayam dapat memberikan sumber tenaga yang besar, seperti yang dipopulerkan oleh Popeye the Sailorman, ternyata berdasarkan pada suatu kekeliruan. Kekeliruan ini muncul di tahun 1870, ketika sebuah tabel gizi yang sangat populer di Amerika, menyatakan bahwa bayam memiliki 10 kali lebih banyak zat besi dibanding sayuran lainnya. Kekeliruan…

Cangehgar: Persib Lawan PSMS Medan


MUTIARA HADIST

"Telah Mengabarkan Kepada Kami Ali Bin Abdillah Dari Hisyam Bin Yusuf Dari Ma'mar Dari Az-Zuhri Dari Urwah Bin Zubeir Dari Aisyah R.a. Berkata, "Orang-orang Bertanya Kepada Rasulullah SAW Tentang Para Dukun," Beliau Bersabda, "Tidak Ada Apa-apanya." Para Sahabat Bertanya, "Wahai Rasulullah, Mereka Kadang-kadang Bisa Menceritakan Sesuatu Yang Benar Kepada Kami. Maka Rasulullah SAW Bersabda, "Kalimat Tersebut Berasal Dari Kebenaran Yang Dicuri Oleh Jin, Kemudian Dibisikkan Ke Telinga Para Walinya (dukun). Maka Para Dukun Tersebut Mencampurkan Kalimat Yang Benar Tersebut Dengan Seratus Kedustaan."

Para Dukun Mendapat Informasi Dari Jin

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More