SIKLUS HIDUP DARI NAMA DOMAIN INTERNET (GTLD)

  • putragaluh
  • Senin, 07/07/2014
  • Internet
  • 2235 hits

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. (wikipedia)

Nama Domain sudah menjadi hal yang sangat penting di internet, sehingga informasi terkait siklus hidup (life cycle) sangat diperlukan demi menjaga Nama Domain yang dimiliki tetap dalam genggaman :)

Tidak jarang, karena tidak mengetahui hal ini domain kesayangan bahkan domain bisnis harus berpindahtangan karena lupa tidak diperpanjang.

Berikut saya coba informasikan Siklus Hidup dari Nama Domain yang masuk dalam gTLD (generic Top Level Domain) misalnya .com .net dst. Informasi lengkap untuk gTLD bisa diperoleh pada di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_top-level_domains#Internationalized_generic_top-level_domains

Domain Life Cycle

Available

Ini adalah phase pertama dimana nama domain bisa didaftarkan. Domain maksimal bisa didaftarkan untuk jangka waktu 10 tahun.

Registered (maksimal 10 Tahun)

Merupakan masa aktif dari suatu Nama Domain dan bisa dilakukan perpanjangan (renewal) tidak melebihi maksimal 10 tahun.

Expired (45 hari)

Masa dimana domain tidak diperpanjang sebelum tanggal berakhir (expired). Semua layanan yang berkaitan dengan Nama Domain tidak berfungsi misalnya email, subdomain dll. Masa expired secara umum adalah 45 hari, dan ini merupakan masa tenggang untuk dilakukan proses renewal.

Redemption Grace Period (30 hari)

Merupakan masa dimana Nama Domain tidak diperpanjang melebihi masa tenggang (45 hari), Redemption Period ini pada umumnya selama 30 hari. Selama masa ini domain masih bisa dilakukan perpanjangan/restore dengan biaya yang sangat mahal sesuai dengan kebijakan registrar.

Pending Delete (5 hari)

Masa dimana Nama Domain sudah tidak bisa diperpanjang/restore. Nama Domain akan kembali ke masa Active setelah 5 hari.

Release (Avaliable)

Nama Domain sudah dihapus dan telah tersedia untuk didaftarkan.

Semoga bermanfaat ..

referensi: https://www.icann.org/resources/pages/gtld-lifecycle-2012-02-25-en

: tanpa label

KOMENTAR

Kekuatan Sholat Dhuha

Abu Dzar R.a., Dia Berkata, Rasulullah SAW., Bersabda, "Setiap Tulang Dan Persendian Badan Dari Kamu Ada Sedekahnya; Setiap Tasbih Adalah Sedekah, Setiap Tahmid Adalah Sedekah, Setiap Tahlil Adalah Sedekah, Setiap Takbir Adalah Sedekah, Setiap Amar Ma'ruf Adalah Sedekah Dan Setiap Nahi Munkar Adalah Sedekah. Maka, Yang Dapat Mencukupi Hal Itu Hanyalah Dua Raka'at Yang Dilakukannya Dari Shalat Dua."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com