Ubuntu Remote Desktop

Senin, 01/06/2009 Internet 2752 hits


Remote Desktop bukan hal yang aneh, namun hal tersebut akan bermanfaat dalam kondisi tertentu. Tidak dipungkiri terkadang kita malas jika harus melakukan aktivitas yang ribet padahal hal tersebut bisa kita lakukan dengan remote. Misalnya hal ini bisa diimplementasikan di sekolah/lab komputer atau tempat kerja.

Berikut salah satu cara melakukan remote desktop baik dari Ubuntu ke Window$ maupun sebaliknya dari Window$ ke ubuntu (kalo dari ubuntu ke ubuntu jangan ditanya pasti bisa atuh :), Application > Internet > Remote Desktop Viewer )

Window$ ke Ubuntu (linux desktop lainnya mestinya nggak jauh beda)

Pada Ubuntu :

  1. Installkan VNC Server pada ubuntu kita dengan menjalankan perintah "sudo apt-get install vnc4server"
  2. Setelah instalasi selesai, jalankan service VNC Server dengan perintah "vncserver -geometry 1024×768 -depth 24"

dengan 2 tahap diatas, mestinya VNC Server sudah berjalan dan siap menerima koneksi dari VNC Client/Viewer. Untuk memaksimalkan konfigurasi sesuai keinginan, lakukan setting pada opsi Remote Desktop di menu System > Preferences > Remote Desktop (sesuaikan saja)

Pada Window$ :

  1. Download VNC Viewer Free Edition (http://www.realvnc.com/products/free/4.1/download.html)
  2. Jalankan exenya, trus masukan IP Ubuntu Desktop kita n then OK, mestinya desktop ubuntu kita sudah bisa kita lihat dan kita remote di window$ (default, request dari VNC Viewer harus di approve dulu oleh Ubuntu Desktop)

Ubuntu ke Window$ XP (sama halnya seperti remote desktop di XP)

Pada Ubuntu :

  1. Pilih menu Application > Internet > Terminal Server Client
  2. Isi IP Window$ XP, trus Connect :) proses authentikasi seperti remote desktop antar window$ XP (pastikan XP terima koneksi remote desktop)

Selamat mencoba ... dan semoga bermanfaat

: tanpa label


Download Manager Di Linux

Kamis, 25/06/2009

Proses Propagasi Domain

Selasa, 21/07/2009


Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Pernahkah anda perhatikan mengapa pada pertandingan tennis atau badminton internasional angka nol selalu disebut dengan "love"? Penggunaan "love" untuk menunjuk angka nol, ternyata berasal dari waktu lampau saat olah raga tennis berkembang di negara Perancis. Bagi para penonton Perancis, angka 0 terlihat seperti telur, sehingga mereka menyebutnya dengan "l'oeuf" untuk…

Cangehgar: Bandung Super Mall Jadi Rumah Sakit


MUTIARA HADIST

Jika Kamu Berada Di Sore Hari, Jgn Kau Tunggu Pagi Hari. Dan Jika Kau Berada Di Pagi Hari, Janganlah Menunggu Sore Hari. Ambillah Persiapan Saat Engkau Sehat Utk Menghadapi Masa Sakitmu Dan Saat Hidupmu Utk Sesudah Kematianmu

Hari Gini! Masih Menunda-nunda

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More