UBUNTU REMOTE DESKTOP

  • putragaluh
  • Senin, 01/06/2009
  • Internet
  • 3092 hits

Remote Desktop bukan hal yang aneh, namun hal tersebut akan bermanfaat dalam kondisi tertentu. Tidak dipungkiri terkadang kita malas jika harus melakukan aktivitas yang ribet padahal hal tersebut bisa kita lakukan dengan remote. Misalnya hal ini bisa diimplementasikan di sekolah/lab komputer atau tempat kerja.

Berikut salah satu cara melakukan remote desktop baik dari Ubuntu ke Window$ maupun sebaliknya dari Window$ ke ubuntu (kalo dari ubuntu ke ubuntu jangan ditanya pasti bisa atuh :), Application > Internet > Remote Desktop Viewer )

Window$ ke Ubuntu (linux desktop lainnya mestinya nggak jauh beda)

Pada Ubuntu :

  1. Installkan VNC Server pada ubuntu kita dengan menjalankan perintah "sudo apt-get install vnc4server"
  2. Setelah instalasi selesai, jalankan service VNC Server dengan perintah "vncserver -geometry 1024×768 -depth 24"

dengan 2 tahap diatas, mestinya VNC Server sudah berjalan dan siap menerima koneksi dari VNC Client/Viewer. Untuk memaksimalkan konfigurasi sesuai keinginan, lakukan setting pada opsi Remote Desktop di menu System > Preferences > Remote Desktop (sesuaikan saja)

Pada Window$ :

  1. Download VNC Viewer Free Edition (http://www.realvnc.com/products/free/4.1/download.html)
  2. Jalankan exenya, trus masukan IP Ubuntu Desktop kita n then OK, mestinya desktop ubuntu kita sudah bisa kita lihat dan kita remote di window$ (default, request dari VNC Viewer harus di approve dulu oleh Ubuntu Desktop)

Ubuntu ke Window$ XP (sama halnya seperti remote desktop di XP)

Pada Ubuntu :

  1. Pilih menu Application > Internet > Terminal Server Client
  2. Isi IP Window$ XP, trus Connect :) proses authentikasi seperti remote desktop antar window$ XP (pastikan XP terima koneksi remote desktop)

Selamat mencoba ... dan semoga bermanfaat

: tanpa label

KOMENTAR

Sedekah Paling Besar Pahalanya

Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Seseorang Datang Kepada Rasulullah Saw Lalu Bertanya, "Ya Rasulullah, Sedekah Manakah Yang Lebih Besar Pahalanya? Rasulullah Saw Menjawab, "Bersedekah Dalam Keadaan Sehat Sedang Engkau Amat Sayang Kepada Harta Tersebut, Takut Miskin Dan Mengharapkan Kekayaan. Oleh Sebab Itu Jangan Menunda-nunda Sehingga Apabila Ruh (nyawa) Sudah Sampai Di Tenggorokan (hampir Mati) Lalu Engkau Berwasiat Untuk Si Fulan Sekian, Untuk Si Fulan Sekian.

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com