WEB PAGE CACHING CODEIGNITER

Untuk mencapai performa maksimal CodeIgniter memberikan fitur yang lengkap yakni Web Page Caching. Meskipun CodeIgniter cukup cepat, namun dengan banyaknya informasi yang diproses akan memerlukan memori dan resource yang cukup. Dengan mengkatifkan caching halaman, setiap konten yang diakases akan disimpan dalam format html statis dan siap diakses dan tentunya akan menghemat memory dan resource server lainnya.

Apakah cara Caching Kerja?

Caching dapat diaktifkan per-halaman, dan Anda dapat mengatur jangka waktu cache sebelum refresh. Ketika halaman dibuka untuk pertama kalinya, file cache akan ditulis ke folder system/cache. Pada halaman berikutnya cache file yang akan diambil dan dikirim ke browser. Jika telah berakhir, maka akan dihapus dan refresh sebelum dikirim ke browser.

Mengaktifkan Caching

Untuk mengaktifkan caching, simpan tag berikut di salah satu fungsi controller Anda:

$this->output->cache(n);

Dimana n adalah jumlah menit konten disimpan dalam cache dan kemudian cache refresh.

Tag di atas dapat di mana saja, dalam satu fungsi. Hal ini tidak terpengaruh oleh urutan yang muncul, jadi letakkan di manapun tampaknya paling logis untuk Anda. Setelah tag ini diletakkan, halaman Anda akan mulai dicache. Untuk memastikannya, anda bisa melihat folder system/cache ada file dengan nama session tiap cache. Buka menggunakan text editor untuk melihat html yang digenerate oleh sistem cache

Peringatan: Karena CodeIgniter memproses output, caching hanya akan berfungsi jika anda membuat tampilan untuk controller dengan menggunakan view

Catatan: Sebelum cache file dapat ditulis, Anda harus memastikan hak akses pada folder system/cache adalah writetable

Menghapus Cache

Hapus tag cache pada controller apabila tidak ingin menggunakan fitur caching.

Catatan: Menghapus tag tidak akan menghapus cache segera. akan terhapus sesuai dengan waktu yang telah di set dalam tag. Anda harus menghapus secara manual dari cache folder untuk memperoleh konten yang diharapkan.

Referensi : CI User Guide

: tanpa label

KOMENTAR

Rukun Islam

Dari Abi Abdurrahman Abdillah Bin Umar Bin Khattab Ra. Berkata: Aku Telah Mendengar Rasulullah Saw Bersabda: "Bangunan Islam Itu Atas Lima Perkara Mengakui Bahwa Tiada Tuhan Melainkan Allah Dan Sesungguhnya Muhammad Itu Utusan Allah, Mendirikan Shalat, Mengeluarkan Zakat, Mengerjakan Haji Ke Baitullah Dan Puasa Bulan Ramadhan."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com