Web Page Caching Codeigniter

Sabtu, 27/06/2009 Codeigniter 4451 hits


Untuk mencapai performa maksimal CodeIgniter memberikan fitur yang lengkap yakni Web Page Caching. Meskipun CodeIgniter cukup cepat, namun dengan banyaknya informasi yang diproses akan memerlukan memori dan resource yang cukup. Dengan mengkatifkan caching halaman, setiap konten yang diakases akan disimpan dalam format html statis dan siap diakses dan tentunya akan menghemat memory dan resource server lainnya.

Apakah cara Caching Kerja?

Caching dapat diaktifkan per-halaman, dan Anda dapat mengatur jangka waktu cache sebelum refresh. Ketika halaman dibuka untuk pertama kalinya, file cache akan ditulis ke folder system/cache. Pada halaman berikutnya cache file yang akan diambil dan dikirim ke browser. Jika telah berakhir, maka akan dihapus dan refresh sebelum dikirim ke browser.

Mengaktifkan Caching

Untuk mengaktifkan caching, simpan tag berikut di salah satu fungsi controller Anda:

$this->output->cache(n);

Dimana n adalah jumlah menit konten disimpan dalam cache dan kemudian cache refresh.

Tag di atas dapat di mana saja, dalam satu fungsi. Hal ini tidak terpengaruh oleh urutan yang muncul, jadi letakkan di manapun tampaknya paling logis untuk Anda. Setelah tag ini diletakkan, halaman Anda akan mulai dicache. Untuk memastikannya, anda bisa melihat folder system/cache ada file dengan nama session tiap cache. Buka menggunakan text editor untuk melihat html yang digenerate oleh sistem cache

Peringatan: Karena CodeIgniter memproses output, caching hanya akan berfungsi jika anda membuat tampilan untuk controller dengan menggunakan view

Catatan: Sebelum cache file dapat ditulis, Anda harus memastikan hak akses pada folder system/cache adalah writetable

Menghapus Cache

Hapus tag cache pada controller apabila tidak ingin menggunakan fitur caching.

Catatan: Menghapus tag tidak akan menghapus cache segera. akan terhapus sesuai dengan waktu yang telah di set dalam tag. Anda harus menghapus secara manual dari cache folder untuk memperoleh konten yang diharapkan.

Referensi : CI User Guide

: tanpa label



Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Di tahun 1823, Richard Dodd meminjam buku tentang penyakit Febrile dari perpustakaan University of Cincinnati Medical Library. Entah karena apa, buku terlupakan baik oleh Richard Dodd ataupun oleh pengurus perpustakaan. Dan waktupun terus berlalu. Tanggal 7 Desember 1968, cucu dari Richard Dodd mengembalikan buku itu ke perpustakaan Universitas Cincinnati. Buku…


MUTIARA HADIST

Dari Ibnu Umar R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Tidak Boleh Seseorang Iri Terhadap Orang Lain Kecuali Dalam Dua Hal Yaitu Seseorang Yang Diberi Pengertian Al Qur'an Lalu Ia Mempergunakannya Sebagai Pedoman Amalnya Siang-malam Dan Seseorang Yang Diberi Oleh Allah Kekayaan Harta Lalu Ia Membelanjakannya Siang-malam Untuk Segala Amal Kebaikan."

Sifat Iri Yang Diperbolehkan

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More