IMPORT/RESTORE FILE SQL MENGGUNAKAN CLI

  • putragaluh
  • Rabu, 01/07/2009
  • Internet
  • 2023 hits

Tempo hari memperoleh informasi dari salah satu temen bahwa dia tidak bisa upload file sql via phpmyadmin (Import) dengan pesan error Request Time Out. Setelah di cek, ternyata fiel sql tersebut ukurannya lumayan besar kurang lebih 24MB dan itu melebihi batas maksimum file upload (via http).

Split (membagi file sql menjadi beberapa file) file sql pun dilakukan, sehingga dicoba masing-masing file menjadi 1MB namun hal itu tidak memberikan solusi dan ternyata untuk file sql yang di import menggunakan phpmyadmin itu terdiri dari ribuan query yang otomatis memerlukan waktunya yang cukup lama untuk memprosesnya. Sedangkan, tiap penyedia jasa hosting akan memberikan batas execution time untuk memproses script tertentu dan defaultnya kurang lebih 30 detik hal ini untuk menjaga penggunaan resource server berlebih dan alasan keamanan lainnya.

Akhirnya ditemukan lah solusi untuk melakukan import file sql yang memiliki query yang banyak yakni import langsung dari sisi servernya dengan menggunakan CLI (Command Line Interface). Memang untuk penyedia jasa web hosting jarang yang memberikan shell akses sehingga hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh provider yang bersangkutan.

Berikut langkah-langkanya :
  1. Setiap file sql yang akan di import harus berada di server, bisa menggunakan ftp atau cpanel file manager.
  2. CLI yang dijalankan sebagai berikut :
mysql -u [username] -p [database name] < /path/to/file/data.sql


Akan muncul prompt Password untuk authentikasi.

Apabila tidak muncul error, query dalam file sql tersebut sudah di eksekusi dan untuk memastikannya kita bisa menggunakan phpmyadmin untuk melihat hasil query tersebut.

Semoga bermanfaat

: tanpa label

KOMENTAR

Apakah Anda Punya Sifat Munafik?

Dari Abdillah Bin 'Amr Bin Al-'Ash Ra. Bahwa Rasulullah Saw Bersabda: "Barangsiapa Yang Memiliki Empat Sifat Maka Ia Munafik Murni Dan Barangsiapa Memiliki Satu Darinya, Berarti Ia Mempunyai Satu Sifat Munafik, Yaitu Jika Diberi Amanat Ia Berkhianat, Bila Bicara Ia Dusta, Jika Berjanji Ia Mengingkari Dan Jika Bersengketa Ia Membongkar Rahasia Terdahulu."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com