AKSES KODE/SECURITY CODE TELAH DITAMBAHKAN

Akhir-akhir ini trafik blog meningkat drastis, memang memberikan keuntungan dengan naiknya rank alexa dan tentunya hits page pun meningkat. Namun, disayangkan hal tersebut salah satu penyebabnya adalah SPAM. Para spammer memanfaatkan form input pada Buku Tamu, Kirim Salam dan Komentar yang memang belum saya berikan pengamanan.

Setelah sebelumnya dapat diantisipasi dengan IP Deny Manager Cpanel, cuma nggak kebayang kalo semua ip spammer di masukan ke dalam Black List IP karena jumlahnya yang sangat banyak.

Akhirnya mau tidak mau harus dipasang Security Code pada semua form input. Ada beberapa alternatif :
  1. Gunakan Plugin Captcha pada CodeIgniter, atau
  2. Buat versi sendiri
akhirnya, setelah di coba opsi pertama menemukan kebuntuan karena tidak bisa di ujicoba pada PC yang sekarang dipakai. Pada Ubuntu yang sekarang digunakan harus di compile ulang supaya support GD library dan itu perlu waktu. Selain itu, setelah dipikir-pikir hal tersebut juga akan nambah beban pada load page nantinya karena harus generate images captcha.

Opsi kedua, inilah akhirnya yang diambil. Selain lebih mudah juga implementasinya simple sehingga tidak harus terlalu banyak bongkar script terlalu banyak. Intinya hanya menambah required field (kode/akses kode) pada setiap form yang ada (buku tamu dan kirim komentar). Logikanya, cuma membandingkan antara kode yang di generate otomatis oleh script PHP (4 angka) dengan nilai input user dan apabila cocok maka proses input akan diproses ke database namun sebaliknya apabila tidak cocok maka akan muncul pesan error dan proses input kembali ke awal.

Semoga dengan penambahan ini, dapat LEBIH meminimalisir para SPAMMER yang iseng :) namun kalo masih bisa tembus, langkah terakhir yakni semua input dari user harus moderate alias di filter baru ditampilkan :)

: tanpa label

KOMENTAR

Apakah Ini Sering Terjadi Pada Anda?

Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Apabila Telah Diserukan Adzan Untuk Shalat Maka Berlari Mundurlah Setan Sambil Terkentut-kentut, Hingga Tidak Terdengar Olehnya Suara Adzan Itu. Apabila Adzan Telah Selesai, Ia Pun Datang Kembali. Kemudian Ia Mengganggu Hati Orang Yang Shalat, Seraya Berkata, 'Ingatlah Ini Dan Ingatlah Itu.' Padahal Yang Demikian Itu Tidak Pernah Diingatnya Sebelum Shalat. Sehingga Orang Yang Shalat Itu Tidak Tahu Lagi, Sudah Berapa Rakaatkah Shalat Yang Dikerjakannya Itu."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com