APA ITU DNS CLUSTER?

  • putragaluh
  • Selasa, 25/05/2010
  • Internet
  • 4573 hits

DNS Cluster adalah POSIX compatible (Linux, * BSD, dll) aplikasi server/client yang menyediakan all-in-one DNS Management untuk Perusahaan Web Hosting, ISP dan Bisnis Online Lainnya. DNS Cluster memungkinkan Anda untuk mengelola DNS Server lebih fleksibel (dnscluster.eu).

DNS Cluster mensentralisasi zona dari server hosting pada satu server, kegagalan redundansi pada infrastruktur DNS dan masih memungkinkan pelanggan hosting untuk mengubah zona DNS pada antarmuka kontrol panel hostingnya.

DNS Cluster memungkinkan nameserver Anda secara fisik terpisah dari Server dan beberapa kegiatan lainnya. misal, pemadaman listrik, Anda masih memiliki fungsi DNS. Dengan cara ini, pengunjung dapat mencapai website pada server Anda lebih cepat setelah web server kembali online.

Pada tulisan ini, saya coba ambil contoh pada salah satu Control Panel Hosting ternama yakni Cpanel. Selain implementasinya mudah, juga diberikan software pendukung yang free dan powerfull :) yakni cPanel DNS ONLY yang bisa diset pada sebuah VPS (Virtual Private Server) atau Server lainnya.

Untuk mengkonfigurasi secara optimal DNS Cluster Anda, akan dibutuhkan 2 server cadangan, sebaiknya menjalankan cPanel DNS ONLY. Anda juga akan memerlukan setidaknya 1 server web dengan cPanel / WHM diinstal.

  • cPanel DNS ONLY adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk menjalankan nameserver fisik khusus. Hanya harus diinstal pada nameserver kosong.
  • Semua mesin dalam cluster harus menjalankan cPanel atau cPanel DNS ONLY versi 11 atau yang lebih tinggi. Beberapa fitur mungkin tidak bekerja dengan versi cPanel.
  • Catatan : Anda mungkin memiliki keduanya yakni beberapa cPanel DNS ONLY server dan beberapa server cPanel dalam suatu cPanel DNS ONLY.

Beberapa diagram yang bisa digunakan diataranya :

DIRECTLINK, ini adalah diagram yang ideal dan yang pada umumnya diimplementasikan. Link langsung antara web server dan 2 nameserver

DNS Cluster Diagram for Directlink

2 HOPS, Sebuah nameserver penengah antara server web dan nameserver sekunder.

DNS Cluster Diagram for 2 Hops

MULTIPLE HOPS, Beberapa hop antara web server dan nameserver. kurang ideal karena akan memperlambat kinerja nameserver.

DNS Cluster Diagram for Multiple Hops

Sumber referensi:

  1. http://docs.cpanel.net/twiki/bin/view/AllDocumentation/WHMDocs/ConfigureCluster
  2. http://www.dnscluster.eu/

: tanpa label

KOMENTAR

Itulah Fisabilillah ..

Dari Abu Musa (Abdullah) Bin Qais Al-asy'ary R.a. Berkata: Rasulullah Saw Ditanya Mengenai Orang-orang Yang Berperang Karena Keberanian, Karena Kebangsaan Atau Karena Kedudukan Manakah Diantara Semua Itu Yang Disebut Fisabilillah? Rasulullah Saw Menjawab, "Siapa Yang Berperang Semata-mata Untuk Menegakkan Kalimatullah (agama Allah) Maka Itulah Fisabilillah."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com