Mulai Hari Ini Rumah Sudah Menggunakan Listrik Prabayar

Kamis, 27/05/2010 Diary 3265 hits


Beberapa lokasi di Cianjur sudah beralih menggunakan Layanan listrik Prabayar, memang belum merata namun rumah saya sudah mulai merasakan layanan ini. Tadi pagi sekitar jam 8, ada 2 orang petugas yang mengganti perangkat meteran listrik lama dengan perangkat listrik khusus (digital). Entar prosesnya seperti apa, ternyata Istri yang telah proses administrasinya beberapa hari yang lalu. Jadi, hari ini cuma pasang perangkat saja.

Meteran Listrik PrabayarPerangkat lama diambil oleh petugas dan digantikan dengan perangkat meteran listrik yang baru. Meteran listrik yang baru sudah tidak analog lagi, melainkan sudah digital. Mirip perangkat gesek ATM/CC, ada lcd, keypad dan lampu indikator.

Untuk melihat efektivitasnya, saya akan coba lihat rata-rata penggunaan kWh tiap harinya sehingga bisa dibandingkan dengan penggunaan bulan sebelumnya (sebelum prabayar).

Sekarang, listrik sudah tidak jauh berbeda dengan pulsa handphone yang bisa diisi dengan membeli Stroom Prabayar (isi ulang energi listrik). Informasinya Stroom Prabayar bisa diperoleh di loket-loket seperti ATM, Kantor Pos, I-banking dll. Nilai Stroom Prabayar bebas/fleksible mulai dari 20rb sampai 1jt.

Kini tidak akan ada petugas yang datang dan kita bukakan pintu untuk hanya sekedar mencatat meteran listrik, kemungkinan kesalahan pencatatan semakin kecil, dan tidak ada istilah nunggak hee

Sebagai kontrolnya, apabila saldo Stroom Prabayar <= (kurang dari atau sama dengan) 5kWh maka alarm pada meteran akan berbunyi dan lampu indikator akan menyala berkedip. Apabila Stroom Prabayar habis, maka listrik otomatis akan padam dan harus isi ulang apabila tidak ingin rumah pake lilin heee ..

Semoga layanan terbaru dari PLN ini bisa lebih baik, amiin.

Berikut Informasi mengenai Listrik Prabayar (sumber: plnjateng.co.id)

Apa Itu Layanan Listrik Prabayar?

Kalau Anda terbiasa dimudahkan dengan layanan prabayar untuk telepon genggam, seperti itu pula yang akan Anda rasakan dengan layanan listrik prabayar.

Meteran Listrik PrabayarLayanan Listrik Pra Bayar merupakan bentuk pelayanan PLN dalam menjual energi listrik dengan cara pelanggan membayar dimuka. Mudahnya, sebelum menggunakan listrik dari PLN, pelanggan terlebih dahulu membeli sejumlah nominal energi listrik, sesuai yang dibutuhkan.

Dengan cara ini, kendali penggunaan listrik sepenuhnya ada pada diri pelanggan. Kekhawatiran tagihan listrik membengkak tak perlu lagi lagi terjadi. Baik yang disebabkan oleh penggunaan listrik yang tak terkontrol maupun terjadinya kesalahan baca meter. Dengan membeli listrik di awal, hal-hal yang tidak diinginkan tersebut tak perlu lagi terjadi.

Bila dibandingkan dengan penggunaan layanan pasca bayar selama ini, pelanggan relatif tak leluasa untuk mengetahui berapa besar energy listrik yang telah dikonsumsi. Pelanggan baru bisa mengetahuinya setelah waktu pembayaran atau bahkan saat akan membayar di loket PLN. Maka, tak heran jika kadang pelanggan dibuat kaget oleh tagihan yang melambung tinggi. Yang disebabkan oleh penggunaan listrik yang tak terkendali.

Dengan layanan listrik prabayar, pelanggan bukan saja bisa mengetahui sudah berapa banyak energi listrik yang dikonsumsi, namun juga dapat melihat berapa energi listrik yang masih tersisa untuk dapat digunakan.

Brosur dan Kartu Pelanggan Listrik PrabayarMengingat uniknya sifat layanan listrik prabayar ini, maka diperlukan alat khusus yang berbeda dengan layanan listrik pasca bayar. Alat khusus ini dinamakan kWh Meter (meteran listrik) Pra Bayar, atau lebih dikenal sebagai Meter prabayar.

Setiap pelanggan prabayar akan dilengkapi dengan meter prabayar ini beserta 1 Kartu Prabayar. Meter tersebut yang akan mencatat penggunaan listrik anda. Sedang, kartu prabayar selain sebagai nomor identitas pelanggan prabayar juga berfungsi sebagai alat transaksi pembelian energi listrik. Kartu prabayar tersebut dipakai oleh pelanggan selama masih berlangganan listrik PLN.

Jadi, saat membeli energi listrik (isi ulang), pelanggan harus menunjukkan dan memberikan kartu prabayar kepada petugas PLN untuk dilakukan pengisian energi listrik. Tanpa kartu prabayar, pengisian ulang tidak dapat dilakukan.

Tarip Sesuai TDL

Tarip listrik Prabayar sesuai dengan Tarip Dasar Listrik (TDL Tahun 2004), yakni Tarip Multiguna untuk pelanggan Reklame, Billboard, pedagang Kaki-Lima dsb sebesar Rp 1.380/ kWh. Bila dibandingkan dengan tarip reguler, maka listrik prabayar boleh dikatakan lebih murah. Karena pelanggan tidak perlu lagi membayar Uang Jaminan Langganan (UJL), sementara harga per kWh-nya tetap (flat). Dengan listrik prabayar, keuntungan ganda diperoleh pelanggan, disamping dapat mengkontrol pemakaian listrik sesuai kemampuan biaya, juga tidak dikenakan UJL.

Sistem Prabayar merupakan bentuk paling efisien pembayaran listrik. Karena pelanggan hanya dibebankan membeli sejumlah kredit (isi ulang) untuk kemudian dipergunakan sampai kWh listrik tersebut habis. Hal ini sama seperti penggunaan isi ulang telepon selular yang biasa kita gunakan

 

: tanpa label


Liburan Gw Statis Euy ...

Minggu, 24/10/2004

Kantor Sepi Kerjaan Buaaanyak

Selasa, 13/09/2005


Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Kalau di Indonesia, beberapa waktu lalu pemerintah kita galak menggelar program keluarga berencana, tidak demikian yang terjadi di Uni Emirat Arab. Negeri itu justru melakukan kebijakan sebaliknya, mendorong penduduknya untuk kawin dan memiliki anak. Hal itu didorong oleh sebuah studi akademik yang mengungkapkan bahwa pertambahan penduduk negeri itu pada tahun…

Cangehgar: Persib Lawan PSMS Medan


MUTIARA HADIST

Dari Abdillah Bin 'Amr Bin Al-'Ash Ra. Bahwa Rasulullah Saw Bersabda: "Barangsiapa Yang Memiliki Empat Sifat Maka Ia Munafik Murni Dan Barangsiapa Memiliki Satu Darinya, Berarti Ia Mempunyai Satu Sifat Munafik, Yaitu Jika Diberi Amanat Ia Berkhianat, Bila Bicara Ia Dusta, Jika Berjanji Ia Mengingkari Dan Jika Bersengketa Ia Membongkar Rahasia Terdahulu."

Apakah Anda Punya Sifat Munafik?

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More