FACEBOOK CONNECT CODEIGNITER

Allhammdulillah, diawal bulan juni 2010 ini ada sesuatu yang bisa diposting yakni tentang implementasi plugin Facebook Connect pada Codeigniter. 2 hari mulai kumpulkan referensi, mulai dari forum codeigniter sampai ke forum developer facebooknya. Akhirnya nemu satu referensi yakni plugin yang dibuat oleh Elliot Haughin (http://www.haughin.com/). Beberapa thread forum memang agak membuat pesimis karena plugin ini memang belum memiliki dokumentasi sehingga belum ada acuan yang jelas.

Sebelum posting tulisan ini, tentunya saya coba dulu dan allhammdulillah berhasil meskipun saat ini masih terbatas hanya untuk form komentar saja. Namun dengan konsep yang dimiliki oleh Facebook Connect, sebenarnya bisa dikembangkan lebih luas lagi sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum, Facebook Connect akan memberikan beberapa data public dari akun facebook seperti uid, nama depan, nama belakang, gambar profile, url profil dll. Dengan fitur tersebut, kita bisa mengambil data yang disediakan oleh Facebook untuk keperluan aplikasi. Dalam implementasi yang saya lakukan, diantaranya saya mengambil userid, nama depan, nama belakang, profile image dan url profile untuk mengisi form komentar. Sebenarnya akan lebih lengkap apabila data email bisa diambil juga, namun dikarenakan kebijakan facebook dan alasan menghindari spam maka email akun facebook tidak bisa kita ambil.

Secara teknis integrasi di Codeigniter cukup simple, saya coba bahas secara umum berdasarkan informasi dari Readme Pluginnya :).

Update 14/07/2010: ditemukan error session, sampai sekarang belum ada bug fixnya. silakan untuk mencoba alternatif lainnya yaitu Facebook Graph API Dengan Library Curl

Download Plugin Facebook Connect

Plugin bisa didowload secara gratis (GNU/GPL), Klik DISINI untuk download Plugin.

Instruksi Dasar (ekstrak terlebih dahulu)

(1) Salin file dalam direktori application ke direktori application CodeIgniter Anda. Didalamnya sudah termasuk salah satu file config (facebook.php), satu file library (facebook_connect.php), facebook-client, satu contoh controller (home.php), dan satu contoh view file (fbtest.php).

(2) Salin file xd_receiver.htm ke root direktori Codeigniter (satu direktori dengan index.php Codeigniter anda)

(3) Buat Facebook Application di http://www.facebook.com/developers/createapp.php dan ikuti langkah-langkahnya. Kemudian catat API Key dan Secret Key atau langsung dimasukkan ke file facebook.php yang berada di folder config

Daftar Facebook application

(4) Dalam setting Facebook Application anda, setting untuk Connect URL disesuaikan dengan URL anda, misalnya http://www.putragaluh.web.id/ dan Base Domain diisi dengan Top Level Domain anda misalnya putragaluh.web.id supaya Facebook App bisa diakses di multi subdomain.

API & Secret Key Facebook application

Dengan 4 langkah diatas, mestinya plugin sudah berfungsi. silakan akses controller home url anda http://namadomain.com/index.php/home (silakan disesuaikan).

Facebook Coonect

Selamat mencoba, apabila ada yang keliru atau ada yang mau menambahkan ditunggu ya ..

Update 14/07/2010: ditemukan error session, sampai sekarang belum ada bug fixnya. silakan untuk mencoba alternatif lainnya yaitu Facebook Graph API Dengan Library Curl

: tanpa label

KOMENTAR

Para Dukun Mendapat Informasi Dari Jin

"Telah Mengabarkan Kepada Kami Ali Bin Abdillah Dari Hisyam Bin Yusuf Dari Ma'mar Dari Az-Zuhri Dari Urwah Bin Zubeir Dari Aisyah R.a. Berkata, "Orang-orang Bertanya Kepada Rasulullah SAW Tentang Para Dukun," Beliau Bersabda, "Tidak Ada Apa-apanya." Para Sahabat Bertanya, "Wahai Rasulullah, Mereka Kadang-kadang Bisa Menceritakan Sesuatu Yang Benar Kepada Kami. Maka Rasulullah SAW Bersabda, "Kalimat Tersebut Berasal Dari Kebenaran Yang Dicuri Oleh Jin, Kemudian Dibisikkan Ke Telinga Para Walinya (dukun). Maka Para Dukun Tersebut Mencampurkan Kalimat Yang Benar Tersebut Dengan Seratus Kedustaan."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com