Mengenal Cloudflare

Rabu, 26/10/2011 Internet 1930 hits


Seiring dengan tidak terbendungnya perkembangan teknologi informasi khususnya internet, kemudahan, kecepatan, dan kestabilan akses situs menjadi prioritas yang tidak bisa disepelekan. Berbagai layanan terobosan kian bermunculan baik yang free/opensource maupun yang komersial.

Teknologi CDN (Content Delivery Network) menjadi salah satu solusi untuk berbagai pertimbangan mulai dari keamanan, opstimasi, kecepatan akses dll.

Cloudflare

Cloudflare, adalah layanan CDN (Content Delivery Network) dan distibusi Domain Name Server yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan akses website yang disertai dengan fitur keamanan. Cloudflare menyediakan layanan gratis dan berbayar.

Cloudflare dibuat pada tahun 2009 oleh Matthew Prince, Lee Holloway, dan Michelle Zatlyn. Matthew Prince and Lee Holloway sebelumnya bekerja pada Project Honey Pot. Sedangkan Cloudflare sendiri diresmikan/dilaunching pada September 2010.

CloudFlare dapat digunakan oleh siapa saja untuk situs web dan dengan menggunakan domain sendiri, terlepas dari platform yang dipilih. Kurang lebih dibutuhkan 5 menit untuk melakukan setting. Menambahkan website hanya membutuhkan perubahan sederhana untuk pengaturan DNS domain Anda. Tidak ada kebutuhan perangkat keras atau perangkat lunak untuk menginstal atau untuk pemeliharaan dan tidak diperlukan perubahan kode yang sudah ada situs.

Untuk diketahui, Cloudflare saat ini bekerja CNAME record sehingga tidak bisa diterapkan langsung ke Top Level Domain (TLD). Misalnya saya tidak bisa langsung menerapkan di putragaluh.web.id melainkan pada www.putragaluh.web.id (record www dibuat dengan type CNAME). Meskipun demikian, secara teknis hal tersebut bisa disiasati dengan penggunaan .htaccess apabila root domain/TLD ingin dihandle juga oleh Cloudflare.

Apabila Cloudflare sudah diaktifkan, maka apabila kita lakukan test ping ke domain misalnya ke www.putragaluh.web.id maka akan resolve ke www.putragaluh.web.id.cdn.cloudflare.net (dengan catatan proses propagasi dns telah sempurna).

Tertarik menggunakan Cloudflare ? tidak perlu report setting ? caranya gampang, putragaluh.web.id hosting di GaluhWeb.com yang merupakan salahsatu Partner Cloudflare, sehingga untuk mengaktifkan Cloudflare bisa cukup dilakukan di cPanel saja simple dan mudah.

Cloudflare sangat cocok bagi site yang dihost di IIX/Indonesia apabila site anda ingin diakses maksimal dari seluruh dunia. Karena saat ini Cloudflare CDN memiliki kurang lebih 12 lokasi server yakni Amsterdam, NL - Ashburn, VA - Chicago, IL - Dallas, TX - Frankfurt, DE - Hong Kong, HK - Los Angeles, CA - Newark, NJ - Paris, FR - San Jose, CA - Singapore, SG dan Tokyo, JP.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam,

referensi: cloudflare.com

: tanpa label


Memulai Bisnis PTC

Kamis, 30/07/2009


Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Boerhaave, seorang dokter Belanda dan penulis buku "Elementa Chemiae", meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul "The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art" (Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam Seni Pengobatan). Buku tersebut dilelang, dan sang pemenang lelang yang telah mengeluarkan…


MUTIARA HADIST

Ibnu Umar Ra. Berkata : Rosululloh Saw. Bersabda : Islam Didirikan Atas Lima Sendi : Menyaksikan Dan Percaya Bahwa Tiada Tuhan Kecuali Allah Dan Nabi Muhammad Utusan Allah, Dan Mendirikan Sholat Dan Mengeluarkan Zakat, Dan Haji Ke Baitullah, Dan Puasa Di Bulan Ramadhan

Kewajiban Zakat Dan Puasa

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More