5 Tips Aman Lindungi Anak Dalam Jejaring Sosial

Sabtu, 31/07/2010 Internet 1167 hits


Jejaring sosial tidak bisa dipungkiri akan merebak ke semua jenjang usia baik itu dewasa dan anak-anak. Seperti sisi positif dan negatifnya internet pada umumnya, jejaring sosial pun tidak akan jauh berbeda. Orang dewasa di yakini atau tidak akan mengetahui kedua sisi tersebut baik dilihat dari sisi manfaat maupun dari sisi yang lainnya :)

Anak ? ya apalagi ditambah dengan sebuah iklan provider GSM :) yang memberikan sebuah komentar yang disampaikan oleh artis cilik bahwa "Facebook untuk siapa saja" begitu pula dengan berbagai promo dan fasilitas yang menjadikan semakin mudahnya situs jejaring sosial bisa digunakan oleh warga di segala usia.

Meski anak saya masih kecil (ezwan: mau 3 tahun oktober nanti) namun jangan salah ezwan dah bisa dibilang mahir menggunakan komputer apalagi browsing youtube untuk nonton video kesayangannya "Thomas and Friends". Setidaknya dari mulai saat ini sebagai orang tua harus menyiapkan semua hal terutama wawasan dalam menghadapi segala tantangan yang akan dihadapinya kelak :)

Allhammdulillah ketemu 1 tulisan dari detik yang menurut saya itu pasti akan bermanfaat juga bagi orang tua yang lainnya.

Selamat menyimak dan semoga bermanfaat :)

5 Tips Aman Lindungi Anak Dalam Jejaring Sosial

5 Tips Aman Lindungi Anak Dalam Jejaring Sosial  Situs jejaring sosial bagai pisau bermata dua bagi anak-anak. Selain melatih mereka bersosialisasi, beberapa intimidasi cyber dari orang asing kadang menjadi ancaman bagi anak. Belum lagi bahaya teror pedofilia. Siapkah kita melindungi anak-anak dari ancaman tersebut?

Effendy Ibrahim selaku Internet Safety Advocate & Consumer Business Lead Symantec memberikan beberapa tips tentang peran orangtua kepada anak-anak saat mereka bergaul di jejaring sosial.

Sebelum anak-anak menerima teman baru atau berbagi informasi dalam jejaring sosial, pastikan beberapa hal berikut pada anak-anak kita.

  1. Tidak berbicara, atau menerima undangan pertemanan dari orang asing di jejaring sosial, instant messaging, atau forum online.
  2. Tidak memberikan pendapat yang menyakitkan, gosip, atau serangan melawan orang lain melalui jejaring sosial, blog, situs, atau chat onlline. Hal tersebut menimbulkan potensi orang, untuk mencelakakan anak kita.
  3. Tidak memberikan informasi detail soal alamat rumah, nomor pribadi, foto karena itu akan membuat sang anak menjadi target mudah bagi pelaku kejahatan. Tak ingin anak kita menjadi sasaran kaum pedofil bukan?
  4. Pastikan anak memiliki password yang kuat untuk akun e-mail, jejaring sosial, forum atau game online. Pastikan anak tidak memberitahukan ke siapapun -termasuk sahabat baiknya, walau sesekali.
  5. Konfirmasikan bahwa link video asing, benar berasal dari seseorang yang dikenal sebelum anak meng-kliknya. Pasalnya beberapa link asing kemungkinan disusupi malware, yang berpotensi mencuri informasi berguna.


Terlepas dari itu semua, sebagai orang tua jangan malu belajar dari anak. Kenyataannya, beberapa anak mungkin lebih banyak tahu mengenai teknologi dan internet daripada orangtuanya. Lalu kenapa?

Tetap sebagai orangtua, jelas kita lebih paham tata cara berperilaku terhadap orang asing di era jejaring sosial ini. Maka berbagai informasi secara terbuka antara anak dan orangtua ini cukup penting. ( fw / ash )

: tanpa label


Download Manager Di Linux

Kamis, 25/06/2009


Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Michael Herbert Dengle dari kota Minneapolis, Amerika Serikat, bosan dengan nama yang diberikan orang tuanya sejak lahir. Ia ingin mengganti nama dan mengajukan permohonan itu kepada pengadilan Minneapolis. Namun pengadilan menolak izinnya untuk mengganti nama. Surat penolakan itu diberikan bulan Februari 1978. Alasannya adalah nama yang diajukan tidak masuk akal.…

Cangehgar: Kadaharan Haram


MUTIARA HADIST

Dari Ibnu Umar R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Kamu Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinanmu. Imam (Penguasa) Adalah Pemimpin Dan Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinannya. Seorang Laki-laki Adalah Pemimpin Keluarganya Dan Bertanggung Jawab Mengenai Kepemimpinannya. Istri Adalah Pemimpin Rumah Tangga Suaminya Dan Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya. Pelayan (buruh) Adalah Pemeliharaharta Majikannya Dan Akan Ditanya Mengenai Pemeliharaannya. Maka Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Masing-masing Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya."

Jadilah Pemimpin Bukan Penguasa

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More