DANIEL: SANGAT MUNGKIN PERSIB JUARA

  • putragaluh
  • Selasa, 03/08/2010
  • Persib
  • 1583 hits

Setelah terpilih menjadi arsitek Persib Bandung, Daniel Darko Janackovic kembali menginjakkan kakinya di Bandung, Sabtu (31/7). Lelaki keturunan Serbia tersebut bersiap untuk menangani skuad Persib musim kompetisi 2010-2011 yang hingga saat ini belum dipublikasikan.

Di tengah kegiatannya dengan Persib, Janackovic menyempatkan untuk menjawab beberapa pertanyaan wartawan "PR" Novianti Nurulliah dan Andri Gurnita, di salah satu hotel kawasan Dago, Senin (2/8) siang. Ia memberikan waktu singkat lima belas menit untuk wawancara. Berikut petikan wawancara singkat dengan pelatih 47 tahun itu:

Daniel Darko JanackovicSebelum ke Persib, Anda sempat menangani tim di Aljazair. Kenapa Anda memutuskan untuk meninggalkan tim tersebut?

Klub terakhir yang saya tangani adalah di Aljazair pada tahun 2008-2009. Tim tersebut merupakan tim besar, sayangnya banyak sekali masalah yang menurut saya cukup kompleks. Mereka itu tim besar, tetapi tidak membayar saya. Jujur saya tidak begitu menyukai situasi seperti itu dan pada akhirnya memutuskan kontrak dengan mereka pada Desember. Kemudian saya mencari alternatif lain dengan mencari tim besar dan populer di negara lain. Yang pasti dengan tantangan yang baru dan saya ingin membuktikan suatu hal yang terbaik selepasnya dari Aljazair.

Kenapa Anda memilih Persib?

Persib, kenapa tidak? Saya berharap ada kesempatan di sini (Persib) untuk lebih baik dan tantangan yang baru. Saya tidak pernah tahu kenapa di Persib. Semua orang tahu Persib. Menurut masukan beberapa orang, Persib itu sudah lima belas tahun tidak mempunyai titel juara. Saya ingin hal itu menjadi sesuatu yang sangat mungkin terjadi bahwa Persib bisa jadi juara. Memang ini terdengar sulit, kita butuh kerja keras. Banyak sekali hal yang bisa membuat Persib jadi juara, pemainnya, para pendukungnya juga termasuk media massa. Persib adalah tim yang bagus dengan pemainnya juga, saya hanya akan menambah beberapa pemain untuk melengkapi saja. Kalau tidak juara tahun sekarang mungkin tahun depan. Untuk jadi juara kita tidak hanya butuh teknik saya, akan tetapi taktik yang paling penting.

Setelah Anda terpilih jadi pelatih Persib, lalu apa saja programnya?

Bekerja. Saya hanya ingin mewujudkan agar Persib bisa melangkah ke kejuaraan internasional. Yang pasti saya akan segera mengorganisasikan kegiatan saya apabila sudah ada pemainnya. Saya mau menerapkan berbagai formasi seperti 4-4-2, 5-3-2, 4-2-3-1. Itu semua sangat memungkinkan diterapkan dalam setiap pertandingan.

Lalu siapa saja pemain yang akan memperkuat Persib musim ini?

Anda memancing saya (he..he..he..), ya sekitar 21 hingga 27 pemain yang saya butuhkan musim ini. Ada beberapa pemain yang sebelumnya memperkuat Persib, yang termasuk ke dalam kerangka Persib musim ini. Markus, Nova, Maman, Wildan, Eka, Atep, Hariono, Airlangga, dan Munadi. Selain mereka ada pendatang baru, tiga pemain asing. Mereka adalah dua pemain asal Brasil, yang bermain di Flamengo dan River Plate untuk defender. Pemain asing lainnya yaitu dari Argentina yang sudah ada di Jakarta, namanya Eugene Plain nomor 10 sebagai playmaker.

Apakah Anda optimistis dengan anggota skuad Persib terpilih itu?

Saya optimistis. Mereka adalah pemain yang berkualitas hanya membutuhkan kerja yang bagus dan berkualitas. Mereka bisa bermain di Persib dan saya harap mereka mengerti dengan strategi dan metode saya.

Lalu kenapa Anda tidak libatkan nama Cristian Gonzales pada skuad tim musim ini?

Dia itu sebenarnya pemain yang bagus sejak tiga tahun yang lalu. Akan tetapi sekarang ini dia seperti kehilangan motivasi, padahal dia penyerang yang bagus. Saya lihat dia seperti memiliki masalah. Sebagai contoh, saya melihat salah satu pertandingan terakhir di Copa (Piala Indonesia) yang terakhir di Bandung, ketika lawan Arema, dari sembilan peluang gol ia kehilangan enam kali kesempatan. Bagi saya itu terlalu banyak. Belum ketika kehilangan dua penalti pada pertandingan sebelumnya. Meski demikian, saya tetap menghormati dia, tetapi dia tidak bisa main dalam strategi dan metode saya.

Katanya Anda sempat akan merekrut Noh Alam Shah?

Ya, memang sebelumnya dia masuk ke dalam daftar pemain yang akan saya rekrut. Saya sudah pernah berbicara dengannya, tetapi masalahnya terlalu banyak kalau merekrut dia, dan pada akhirnya batal. Setelah saya melihat penampilan dia terakhir melawan Sriwijaya FC pada final Copa, saya tidak suka apabila pemain saya bertindak seperti itu, kehilangan kontrol emosinya. Kalau pemain saya seperti itu, dia tidak bisa bermain dalam lima sampai enam pertandingan, itu adalah peraturan saya. Percuma kalau mainnya bagus, tetapi kontrol dirinya buruk. Hal itu akan berpengaruh terhadap masa depannya.

Bagaimana Anda melihat atmosfer sepak bola di Indonesia?

Ya, mungkin salah satunya saya bisa belajar setelah melihat pertandingan Arema lawan Sriwijaya FC Minggu (1/8) malam. Saya belajar pada pertandingan final itu. Sejujurnya saya tidak suka itu. Ada beberapa tindakan pemain yang memperlakukan lapangan bola seperti karate. Seharusnya kita bermain bagus bukan seperti itu.

Ada beberapa versi nama panggilan Anda. Sebenarnya Anda lebih suka dipanggil nama yang mana dari Daniel Darko Janackovic itu?

Janackovic itu nama marga keluarga saya, Darko nama panggilan ibu kepada saya, dan saya harap semua orang panggil saja Daniel. Kalau orang panggil saya Darko, rasa-rasanya seperti ada ibu saya yang memanggil saya, padahal saya tidak lihat beliau (sambil tersenyum).

Apakah Anda tahu dengan risiko sebagai pelatih Persib yang harus siap menerima tekanan dari suporter?

Saya membutuhkan tekanan itu, karena ke manapun saya pergi suporter dan media selalu ada. Saya butuh tekanan itu untuk menang.

Bagaimana pendapat Anda mengenai bobotoh?

Wah, awalnya saya mempunyai 130 teman di akun Facebook saya, dalam lima hari kemudian bertambah menjadi 5.000. Anda bisa lihat, itulah reaksi mereka. Saya hanya ingin berterima kasih atas dukungan mereka, terima kasih bobotoh dan Viking juga. Saya tahu mereka menunggu Persib juara selama lima belas tahun, saya datang dengan strategi baru.***

sumber: PR

: tanpa label

KOMENTAR

Itulah Fisabilillah ..

Dari Abu Musa (Abdullah) Bin Qais Al-asy'ary R.a. Berkata: Rasulullah Saw Ditanya Mengenai Orang-orang Yang Berperang Karena Keberanian, Karena Kebangsaan Atau Karena Kedudukan Manakah Diantara Semua Itu Yang Disebut Fisabilillah? Rasulullah Saw Menjawab, "Siapa Yang Berperang Semata-mata Untuk Menegakkan Kalimatullah (agama Allah) Maka Itulah Fisabilillah."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com