Panada PHP Framework

Sabtu, 07/08/2010 PHP 4389 hits


Iskandar Soesman, seorang Software Enginer telah merilis sebuah PHP Framework yang diberi nama Panada PHP Framework. Kembali anak bangsa berkarya setelah sebelumnya kita mengenal beberapa PHP Framework buatan orang luar seperti Codeigniter, Kohana, Cake PHP dll

Berdasarkan informasi dari milis codeigniter-id, Sebagai gambaran Panada adalah sebuah framework PHP sederhana dan ringan.

Berdasarkan pengujian menggunakan tools apache benchmark (AB), Panada mendapatkan nilai 296.94 Requests per second. Cara benchmark yang digunakan mengikuti cara yang dilakukan Yii untuk benchmarking beberapa Framework PHP (http://www.yiiframework.com/performance/). Benchmark
dilakukan pada komputer dengan spesifikasi:

OS: Ubuntu 10.04
Web Server: Apache/2.2.14
PHP: 5.3.2-1
CPU: AMD Turion 64
Memory: 2GB
Hard Drive: 80GB SATA

Sebagai pembanding, Yii mendapatkan nilai 53.01 Requests per second pada komputer yang sama.

Untuk mengunjungi website, silahkan mampir ke http://panadaframework.com/
Untuk forked projectnya silahkan ambil di http://github.com/k4ndar/Panada
Untuk baca-baca dokumentasinya silahkan buka http://panadaframework.com/documentation/
Untuk follow twitter bisa di http://twitter.com/panadaframework
dan untuk download silahkan buka http://github.com/k4ndar/Panada/archives/master

Panada PHP Framework

Penasaran kan, berikut informasi mengenai Panada PHP Framework :

Panada adalah framework sederhana dan simpel untuk pembuatan website berbasiskan PHP 5. Panada dikembangkan dengan tujuan membantu para pengembang website untuk bekerja lebih cepat, lebih mudah dan lebih alamiah dalam penulisan kode. Setiap komponen akan bisa saling memanfaatkan sumberdaya (resource) dari komponen-komponen lainnya secara otomatis. Hal ini memudahkan pengembang dalam memanfaatkan sumberdaya secara cepat dan efisien.

Features

Sederhana dan Simpel

Sistem utama (core system) Panada hanya terdiri dari sebuah file, yaitu gear.php yang terletak pada direktori panada. Hal ini bertujuan memudahkan pengguna dalam memahami alur kerja Panada.

Mudah

Dengan hanya sedikit mengisikan beberapa parameter pada file application/config.php Panada sudah bisa langsung digunakan.

Single Load

Cukup sekali melakukan pengambilan komponen (component load) dan sumberdayanya bisa langsung digunakan di semua komponen lainnya. Pengambilan bisa dilakukan pada bagian autoloader, di dalam controller, di dalam model atau di dalam library.

Alamiah

Dalam pengambilan sebuah komponen baik itu model ataupun library, Anda hanya cukup melakukan sekali pendeklarasian sebagaimana umumnya dalam mendeklarasikan sebuah class. Contohnya:

$this->nama_instance = new library_nama();

Atau:

$this->nama_instance = new model_nama();

Baik dalam pengambilan library ataupun model cara yang dilakukan adalah sama. Perbedaaanya hanya terletak pada prefix ('library_' atau 'model_') nama class yang menunjukan tugas dan lokasi folder.

MultisiteBeberapa website bisa dibuat dengan menggunakan satu sistem utama yang sama, baik itu dengan domain utama yang sama ataupun berbeda.

Lisensi

Lisensi Panada menggunakan BSD-License (http://www.opensource.org/licenses/bsd-license.php). Dengan lisensi ini artinya setiap orang bisa dengan bebas menggunakan aplikasi ini baik itu untuk keperluan komersial ataupun non-komersial.


: tanpa label



Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Empat hari setelah Presiden John F.Kennedy dilantik, tepatnya tanggal 24 Januari 1961, sebuah pesawat B-52 meledak diatas Goldsboro, North Caroline, Amerika Serikat, membunuh tiga dari delapan awaknya, serta melepaskan dua buah bom nuklir yang masing-masing berkekuatan 24 Megaton. Bandingkan dengan seluruh bom yang dijatuhkan Sekutu di atas Jerman dan Jepang…

Cangehgar: Pesen Lotek


MUTIARA HADIST

Dari Abu Bakrah (Nufa'i) Bin Al Harits Ats Tsaqafy Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Apabila Dua Orang Muslim Berhadapan Dengan Pedang Masing-masing Maka Pembunuh Dan Terbunuh Keduanya Sama-sama Masuk Neraka. Abu Bakrah Bertanya, "Ya Rasulullah, Yang Membunuh Jelas Masuk Neraka Tetapi Mengapa Yang Terbunuh Juga Demikian? Rasulullah Saw Menjawab, "Karena Ia Juga Memiliki Niat Sungguh-sungguh Akan Membunuh Lawannya."

Muslim Yang Saling Membunuh

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More