KEKALAHAN PERSIB PALING MEMALUKAN?

  • putragaluh
  • Juma't, 03/09/2010
  • Persib
  • 2398 hits

MANAJER Persib Bandung, H. Umuh Muchtar mengklaim, kekalahan 0-6 yang dialami "Maung Bandung" saat menghadapi Sriwijaya FC merupakan yang terbesar sepanjang sejarah. Benarkah?

Untuk membuktikannya, "GM" sempat melakukan penelusuran hasil-hasil pertandingan Persib, baik di kompetisi resmi yang digelar PSSI, turnamen maupun pertandingan persahabatan. Khusus untuk kompetisi resmi, seperti Kompetisi Divisi Utama Perserikatan (1983-1994), Liga Indonesia (1994-2007), Liga Super Indonesia (2008-2010) dan Piala Indonesia (2005-2010), Persib tidak pernah mengalami kekalahan sebesar itu. Kekalahan terbesar yang pernah dialami Persib adalah 0-5 saat ditekuk PSMS Medan di babak kedua Copa Indonesia 2005 di Stadion Teladan Medan, 6 Agustus 2005.

Persib Maung BandungDi era kompetisi nasional, ketika belum dikenal pembagian divisi, "GM" sempat menemukan, Persib pernah dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 6-1 pada musim 1969/1971. Itu masih "lebih baik" ketimbang kekalahan dari Sriwijaya FC.

Dari sejumlah turnamen, nasional maupun internasional, "GM" juga tidak menemukan kekalahan Persib dengan skor yang lebih besar dari 0-6. Bahkan ketika Persib tampil di Piala Champions Asia 1995, turnamen paling bergengsi di Asia, kekalahan terbesar hanyalah 2-5 ketika berhadapan dengan Ilhwa Chunma di babak perempatfinal yang berlangsung di Stadion Siliwangi.

Kalaupun ada kekalahan 0-6 atau lebih, itu dialami Persib pada pertandingan ekshibisi melawan tim-tim luar negeri. Persib pernah kalah 0-8 dari Futbalski Savez Yugoslavia (1953) dan AC Milan (1994). Kekalahan 0-6 juga pernah dialami Persib ketika menjajal tim nasional Yugoslavia pada tahun 1956 dan PSV Eindhoven (1987). Kekalahan dengan skor telak lainnya dialami Persib ketika menghadapi Red Star Bratislava (Cekoslovakia) pada tahun 1958 dengan skor 2-9 dan tim nasional Bulgaria pada tahun 1959 dengan skor 2-8.

Apakah ada yang terlewat? Bisa ya, bisa juga tidak. Maklum, data sepak bola Indonesia masih sangat terbatas. (endan suhendra/"GM")**

sumber: GM

: tanpa label

KOMENTAR

Hati-hati Wahai Saudaraku...

Dari Ibnu Mas'ud Ra. Telah Berkata: Telah Bersabda Rasulullah Saw: "Tidak Halal Darah Seorang Muslim Kecuali Disebabkan Salah Satu Dari Tiga Perkara: Duda/janda Yang Berzina, Pembunuhan Dibalas Bunuh, Orang Meninggalkan Agamanya, Memisahkan Diri Dari Jama'ah (murtad)."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com