Get Real IP, Apache+Varnish

Juma't, 08/06/2012 cPanel 1212 hits


Untuk diketahui banyak alasan menggunakan Reverse proxy misalnya dengan varnish cache bisa mempercepat load website, load balancing dll.

Berawal dari implementasi Reverse Proxy menggunakan Varnish Cache, ternyata Reverse Proxy tidak memberikan informasi ip yang benar melainkan informasi ip dari server itu sendiri. Tentunya hal ini akan menjadi masalah tersendiri dikala beberapa site memerlukan informasi ip dari pengunjungnya.

Setelah bertanya kepada om Google, akhirnya menemukan salah satu cara yakni dengan menambahkan salahsatu modules apache yakni reverse proxy add forward module for Apache (mod_rpaf).

reverse proxy add forward module for Apache (mod_rpaf)

rpaf is for backend Apache servers what mod_proxy_add_forward is for frontend Apache servers. It does excactly the opposite of mod_proxy_add_forward written by Ask Bjørn Hansen. It will also work with mod_proxy in Apache starting with release 1.3.25 and mod_proxy that is distributed with Apache2 from version 2.0.36.

It changes the remote address of the client visible to other Apache modules when two conditions are satisfied. First condition is that the remote client is actually a proxy that is defined in httpd.conf. Secondly if there is an incoming X-Forwarded-For header and the proxy is in it's list of known proxies it takes the last IP from the incoming X-Forwarded-For header and changes the remote address of the client in the request structure. It also takes the incoming X-Host header and updates the virtualhost settings accordingly. For Apache2 mod_proxy it takes the X-Forwared-Host header and updates the virtualhosts

Karena saya menggunakan cpanel, maka berikut adalah langkah-langkah install mod_rpaf pada cpanel:

cd /usr/local/src
wget http://stderr.net/apache/rpaf/downlo...paf-0.6.tar.gz
tar -xzf mod_rpaf-0.6.tar.gz
cd mod_rpaf-*
apxs -i -c -n mod_rpaf-2.0.so mod_rpaf-2.0.c

setelah proses diatas selesai, berarti mod_rpaf sudah diinstall dan siap digunakan. Langkah berikutnya adalah Login ke WHM > Service Configuration > Apache Configuration > Include Editor > Pre Main Include > All Versions dan copy text dibawah ini:

LoadModule rpaf_module modules/mod_rpaf-2.0.so
RPAFenable On
RPAFproxy_ips 127.0.0.1 123.124.125.88 # 123.x.x.x ganti dengan ip server sebenarnya
RPAFsethostname On
RPAFheader X-Real-IP

setelah proses diatas ditempuh, apache otomatis harus dilakukan restart supaya modules tersebut bisa diload oleh apache.

Untuk memastikannya bisa menggunakan perintah

httpd -M |grep rpaf

kurang lebih outputnya:

Syntax OK
rpaf_module (shared)

Selamat mencoba ..

referesnsi: Google + Forum cPanel

: tanpa label



Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Kata "sabotage" (atau sabotase dalam bahasa Indonesia) yang berasal dari Perancis ternyata memiliki riwayat unik. Pada masa pra-Revolusi Industri, pekerja-pekerja pabrik mengenakan sepatu kerja khusus yang terbuat dari kayu. Sepatu itu bernama "Sabot". Saat datangnya Revolusi Industri, banyak mesin menggantikan kerja manusia, yang akhirnya meningkatkan pengangguran. Para pekerja memprotes kedatangan…


MUTIARA HADIST

"Telah Mengabarkan Kepada Kami Ali Bin Abdillah Dari Hisyam Bin Yusuf Dari Ma'mar Dari Az-Zuhri Dari Urwah Bin Zubeir Dari Aisyah R.a. Berkata, "Orang-orang Bertanya Kepada Rasulullah SAW Tentang Para Dukun," Beliau Bersabda, "Tidak Ada Apa-apanya." Para Sahabat Bertanya, "Wahai Rasulullah, Mereka Kadang-kadang Bisa Menceritakan Sesuatu Yang Benar Kepada Kami. Maka Rasulullah SAW Bersabda, "Kalimat Tersebut Berasal Dari Kebenaran Yang Dicuri Oleh Jin, Kemudian Dibisikkan Ke Telinga Para Walinya (dukun). Maka Para Dukun Tersebut Mencampurkan Kalimat Yang Benar Tersebut Dengan Seratus Kedustaan."

Para Dukun Mendapat Informasi Dari Jin

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More