Clean Backups Plug-in For CPanel/WHM

Minggu, 08/07/2012 cPanel 1476 hits


cPanel memberikan opsi backup dengan berbagai alternatif diantaranya backup ke local harddisk (2nd hdd, dll) dan remote backup (backup berada di server lain).

Pada tulisan kali ini saya cuma akan sedikit berbagi informasi sekaligus pengalaman untuk opsi backup ke local harddisk.

Clean Backups plug-in for cPanel/WHM adalah salah satu project dari NDCHost.com yang diberikan secara free atau gratis. Plugin ini membantu kita untuk melakukan efisiensi usage/penggunaan pada harddisk backup yang digunakan. Karena salah satu kelemahan dari backup cpanel saat ini adalah file/folder account yang sudah dihapus/terminate ternyata otomatis menghapus backup account yang ada pada hdd backup. Otomatis space akan kian membengkak :)

Permasalahan diatas kini bisa dibantu dengan plugin Clean Backups, dan sudah tentunya ini hanya bisa diinstall oleh yang punya server (root akses, bukan reseller).

Instalasi

Jalankan perintah dibawah ini

# cd /home
# rm -f latest-cleanbackups
# wget http://www.ndchost.com/cpanel-whm/plugins/cleanbackups/download.php
# sh latest-cleanbackups

Pastikan proses instalasi berhasil, dan selanjutnya kita sudah bisa melakukan konfigurasi plugin tersebut lewat WHM.

Uninstall

Apabila plugin tersebut ternyata sudah tidak digunakan misalnya beralih ke remote backup atau hal lain, berikut cara untuk melakukan uninstall plugin Clean Backups :

# rm -rf /usr/local/cpanel/whostmgr/docroot/cleanbackups
# rm -rf /var/cpanel/cleanbackups/
# rm /usr/local/cpanel/whostmgr/docroot/cgi/addon_cleanbackups.cgi
# rm /scripts/postcpbackup
# rm /etc/cron.d/cleanbackups.cron

Selamat mencoba ..

Overview Clean Backups plug-in for cPanel/WHM

cPanels backup script will not remove backups for accounts that no longer exist and these backups will remain on the backup drive until removed. This plug-in gives administrators the ability to clean up their backup directory by setting how long they want to keep backups for accounts that no longer exist and removing those backups when they expire. The script can be run by hand or after automatically after the cPanel backup script finishes.

referensi: ndchost.com, forums.cpanel.net

: tanpa label


Get Real IP, Apache+Varnish

Juma't, 08/06/2012


Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
"Quo Vadis?", film buatan tahun 1951 yang diangkat dari novel karya Henryk Sienkiewicz memang sebuah film yang luar biasa. Dalam pembuatan film ini, diperlukan 30.000 orang pemain ekstra, dan masih ditambah dengan 63 ekor singa. Ada keunikan dari film "Quo Vadis?" tersebut. Pada adegan balap chariot, bila diperhatikan secara seksama,…


MUTIARA HADIST

Rasulullah SAW Bersabda, "Barang Siapa Yang Menikahi Seorang Wanita Karena Kedudukannya, Maka Allah Tidak Akan Menambahkan Baginya Kecuali Kehinaan. Barang Siapa Yang Menikahi Seorang Wanita Karena Kekayaannya, Maka Allah Tidak Akan Menambahkan Baginya Kecuali Kefakiran." Beliau Melanjutkan, "Barang Siapa Yang Menikahi Seorang Wanita Karena Kemuliaan Nasabnya, Maka Allah Tidak Akan Menambahkan Baginya Kecuali Kerendahan. Dan, Barang Siapa Yang Menikahi Seorang Wanita Dan Ia Tidak Menginginkan Kecuali Supaya Dapat Menundukkan Pandangan Dan Menjaga Kemaluannya Atau Menyambung Tali Silaturahim, Maka Allah Akan Memberkahi Mereka Berdua."

Menikahlah Dengan Lurus Sahabatku :)

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More