FEDORA CORE OR SUSE ?

  • putragaluh
  • Senin, 24/07/2006
  • Diary
  • 1292 hits

Hmm .. mumpung belum ada client kesempatan buat exprement segala hal .. mulai dari OS+Aplikasi juga ngoprek2 radio+antena dll

Gw bisa dibilang lebih kenal duluan ma Mandrake, tapi kayaknya agak kurang keren (belagu ya ..) bukan apa2 tapi ya gimana ya .. kurang sreg lah ..

RH 9 lebih sering gw pake dengan alasan itu adalah distro yang paling tua dan banyak peminatnya .. dengan harapan banyak yang bisa bantu gw kalo lagi belajar.

RH9 gw pake gak lama di ict, hal ini dikarenakan ada kabar bahwa RH udah tidak dikembangkan lagi alias pensiun ampe RH9, akhirnya gw takut2 banyak aplikasi baru gak support di RH9.

Fedora Core 5 akhirnya jadi alternatif dengan alasan FC5 juga distro yang dikembangkan oleh RH, gw bela2in download ISO-nya di ITB .. lumayan 5 CD (5x2.500) lebih murah daripada beli cd linux :) LOL

Di FC5 gw dah bisa set semua mulai dari Bandiwdth Management, Firewall, Squid, Apache, Mysql, Cacti dll untuk keperluan NOC. Memang sih untuk set semua itu gak lancar terus .. paling sebel kalo mesti update paket atau tambah paket .. ribet alias mesti download dan ./configure .. tapi secara umum sih lancar tapi agak lama he .. he ..

Sambil experiment, gw coba juga pake Suse 9.3 (kebetulan yang ada itu pengennya sih coba opensuse ..)

Pernah sih pake suse tapi dulu mentok gara2 males baca2 tentang suse .. tapi setelah coba2 lebih enak suse ya he ..h e ..

Semua aplikasi yang gw install di FC5 mun kayaknya lebih cepet di suse, mungkin gara2 dibantu yast kali ya ... tapi emang enak lho ...

Sempet mentok gara2 gak ngerti konfigurasi SuSEFirewall2, tapi setelah dicoba2 akhirnya bisa juga :) .. hmm .. rencana 4 server di NOC mo pake suse semua .. tapi kemungkinan sih 3 aja .. yang satu pake win2003 aja .. soalnya ada aplikasi2 under windows yang masih bisa dipake di WAN.

: tanpa label

KOMENTAR

Apakah Anda Bisa Seperti Ini?

Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Ada Seseorang Yang Biasa Menghutangkan Kepada Orang-orang, Maka Jika Ia Menyuruh Menagih Kepada Pesuruhnya, Ia Selalu Berpesan, 'Jika Kamu Mendapati Orang Itu Masih Belum Dapat Membayar, Maka Maafkanlah Dia, Semoga Allah Memaafkan Kami Kelak.' Maka Ketika Ia Berhadapan Dengan Allah, Allah Memaafkannya."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com