MEMBANGUN SERVER INTRANET [ANTIVIRUS SERVER][BAGIAN 1]

  • putragaluh
  • Senin, 07/08/2006
  • Internet
  • 3908 hits

Dalam kesempatan ini saya akan mencoba untuk membahas cara dan langkah untuk membangun Server dan Komunitas Intranet (LAN). Beberapa aplikasi yang akan dikembangkan hanyalah sebagian kecil yang bisa di terapkan. Adapun yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya :

1. Antivirus Server
2. Active Directory
3. Mail Server
4. Web Server (IIS) 5. and much more ..

1. Antivirus Server dengan Symantec Antivirus Corporate Edition

Install Antivirus di masing2 PC mungkin itu hal yang paling merepotkan, apalagi masing2 harus kita update dengan cara manual. Bahkan ada yang menggunakan antivirus yang berbeda-beda sehingga akan merepotkan maintenancenya. Pada intinya setiap antivirus itu sama yang lebih utama antivirus harus diperkaya dengan virus definition supaya bisa mengenali dan menangani virus2 baru. Memang sih ada beberapa antivirus yang menyediakan fitur schedule update, tapi bayangkan bila di kantor atau di lab ada 40 komputer dan masing2 update secara bersamaan .. penggunaan bandwidth akan terporsir untuk itu .. khan sayang banget :)

Mungkin hal ini bukan hal yang baru tapi saya yakin masih ada beberapa yang masih menggunakan cara yang manual dalam mengimplementasikan hal diatas ..

Dalam artikel ini saya akan membawa salah satu contoh aplikasi antivirus server dengan menggunakan Symantec Antivirus Corporate Edition.

Dengan antivirus server ini anda tidak akan mengalami kerepotan dalam hal update dan maintenance antivirus untuk pc2 di LAN. Antivirus server lah yang akan melakukan update yang nantinya akan di distribusikan secara otomatis kepada pc yang di maintenance oleh server ini, maka secara otomatis akan lebih menghemat penggunaan bandwidth internet.

Dalam hal ini saya menggunakan Win2003 sebagai servernya, dengan alasan bisa dikembangkan lagi untuk aplikasi2 yang akan dibahas dalam materi ini.

Lanjut ke bagian selanjutnya ..

: tanpa label

KOMENTAR

Jadilah Pemimpin Bukan Penguasa

Dari Ibnu Umar R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Kamu Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinanmu. Imam (Penguasa) Adalah Pemimpin Dan Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinannya. Seorang Laki-laki Adalah Pemimpin Keluarganya Dan Bertanggung Jawab Mengenai Kepemimpinannya. Istri Adalah Pemimpin Rumah Tangga Suaminya Dan Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya. Pelayan (buruh) Adalah Pemeliharaharta Majikannya Dan Akan Ditanya Mengenai Pemeliharaannya. Maka Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Masing-masing Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com