Mengenal CDN, Content Delivery Network

Senin, 08/11/2010 Internet 2901 hits


Bagi yang sudah terbiasa dengan teknologi website, CDN atau Content Delivery Network atau Content Distribution Network mungkin bukan istilah yang asing. Pada umumnya, CDN ini sering digunakan oleh situs yang menyediakan data atau konten dengan trafik yang sangat tinggi sehingga dibutuhkan kecepatan akses data oleh setiap pengunjungnya.

Yang sering kita jumpai misalnya YouTube, Facebook atau Twiter. Mereka menggunakan CDN supaya semua konten baik itu gambar, video dll bisa diakses dengan cepat dari seluruh penjuru dunia.

Mengenal CDN, Content Delivery Network

Apa itu CDN?

CDN atau Content Delivery Network atau Content Distribution Network adalah suatu sistem komputer yang berisi salinan data, yang ditempatkan di  berbagai titik dalam jaringan sehingga memaksimalkan bandwidth untuk akses ke data dari klien di seluruh jaringan. Pengunjung akan mengakses salinan data yang paling dekat dengan titik koneksi yang digunakan. Karena data tersebut berupa salinan sehingga data tersebut sama dengan data yang ada di server utama.

Jenis konten termasuk web object, objek yang bisa didownload (media files, software, dokumen), aplikasi, media streaming real time, dan komponen lain dari pengiriman internet (DNS, rute, dan query database).

Untuk mengetahui lebih detil bisa disimak di url: http://en.wikipedia.org/wiki/Content_delivery_network

Semoga Bermanfaat ..

ref: wikipedia

sumber gambar: hypernia.com

: tanpa label


Free Site Up Monitoring

Selasa, 16/06/2009

NEW, WhatsApp Berbasis Web Euy

Kamis, 22/01/2015


Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Jean-Francois Champollion dicatat dalam sejarah dunia sebagai orang pertama yang berhasil membaca huruf Mesir kuno yang telah terlupakan ribuan tahun. Ternyata kemampuannya ini didukung oleh pengetahuan bahasa yang telah dikembangkannya sejak dini. Saat berusia 11 tahun, Champollion telah menguasai bahasa Latin, Yunani, dan Ibrani. Dua tahun kemudian ia juga mempelajari…

Let it Go versi Indonesia "Lepaskan" (Let it Go - From Frozen)


MUTIARA HADIST

Abu Abdillah Nu'man Bin Basyir Ra Berkata: Aku Mendengar Rasulullah SAW Bersabda, "Sesungguhnya Yang Halal Itu Telah Jelas Dan Yang Haram Pun Telah Jelas. Sedangkan Di Antaranya Ada Masalah Yang Samar-samar (syubhat) Yang Kebanyakan Manusia Tidak Mengetahui (hukum)-nya. Barangsiapa Menghindari Yang Samar-samar, Maka Ia Telah Membersihkan Agama Dan Kehormatannya. Barangsiapa Yang Jatuh Ke Dalam Yang Samar-samar, Maka Ia Telah Jatuh Ke Dalam Perkara Yang Haram. Seperti Penggembala Yang Berada Di Dekat Pagar (milik Orang Lain); Dikhawatirkan Ia Akan Masuk Ke Dalamnya. Ketahuilah Bahwa Setiap Raja Memiliki Pagar (aturan). Ketahuilah, Bahwa Pagar Allah Adalah Larangan-larangan-Nya. Ketahuilah, Bahwa Di Dalam Jasad Manusia Terdapat Segumpal Daging. Jika Ia Baik, Maka Baik Pula Seluruh Jasadnya; Dan Jika Ia Rusak, Maka Rusak Pula Seluruh Jasadnya. Ketahuilah Bahwa Segumpal Daging Itu Adalah Hati."

Halal Dan Haram Itu Sudah JELAS

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More