MENGENAL CDN, CONTENT DELIVERY NETWORK

  • putragaluh
  • Senin, 08/11/2010
  • Internet
  • 3804 hits

Bagi yang sudah terbiasa dengan teknologi website, CDN atau Content Delivery Network atau Content Distribution Network mungkin bukan istilah yang asing. Pada umumnya, CDN ini sering digunakan oleh situs yang menyediakan data atau konten dengan trafik yang sangat tinggi sehingga dibutuhkan kecepatan akses data oleh setiap pengunjungnya.

Yang sering kita jumpai misalnya YouTube, Facebook atau Twiter. Mereka menggunakan CDN supaya semua konten baik itu gambar, video dll bisa diakses dengan cepat dari seluruh penjuru dunia.

Mengenal CDN, Content Delivery Network

Apa itu CDN?

CDN atau Content Delivery Network atau Content Distribution Network adalah suatu sistem komputer yang berisi salinan data, yang ditempatkan di  berbagai titik dalam jaringan sehingga memaksimalkan bandwidth untuk akses ke data dari klien di seluruh jaringan. Pengunjung akan mengakses salinan data yang paling dekat dengan titik koneksi yang digunakan. Karena data tersebut berupa salinan sehingga data tersebut sama dengan data yang ada di server utama.

Jenis konten termasuk web object, objek yang bisa didownload (media files, software, dokumen), aplikasi, media streaming real time, dan komponen lain dari pengiriman internet (DNS, rute, dan query database).

Untuk mengetahui lebih detil bisa disimak di url: http://en.wikipedia.org/wiki/Content_delivery_network

Semoga Bermanfaat ..

ref: wikipedia

sumber gambar: hypernia.com

: tanpa label

KOMENTAR

Saling Ukhuwah

Dari Abu Hurairah RA, Bahwa Rasulullah Bersabda, "Janganlah Kalian Saling Mendengki, Melakukan Najasy (semacam Promosi Palsu), Saling Membenci, Memusuhi, Atau Menjual Barang Yang Sudah Dijual Ke Orang Lain. Tetapi Jadilah Kalian Hamba-hamba Allah Yang Bersaudara. Seorang Muslim Adalah Saudara Bagi Muslim Yang Lain, Tidak Menzhalimi, Dan Tidak Membiarkan Atau Menghinakannya. Takwa Itu Di Sini (beliau Menunjuk Ke Dadanya Tiga Kali)."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com