Suporter Malaysia Pakai Laser Gun?

Senin, 27/12/2010 NoCategory 2205 hits


Sinar laser yang disorotkan suporter Malaysia diduga bukan berasal dari sinar laser pointer yang biasa digunakan untuk presentasi. Tetapi, sinar laser jenis Laser Gun yang biasa digunakan untuk acara-acara pertunjukkan panggung hiburan.

"Kalau laser pointer pasti warnanya merah. Ini warnanya hijau dan bentuknya seperti senjata atau bor listrik," kata pengamat telematika, Roy Suryo, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Senin 27 Desember 2010.

Laser sendiri, menurut Roy, bukanlah cahaya. Tapi radiasi. Itu bisa terlihat dari dari kepanjangan Laser: Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation.

Roy yakin, warna sinar laser hijau yang menyoroti kiper tim nasional kesebelasan Indonesia, Markus Horison, berbahaya apabila terkena mata.

 

Laser Gun


Menurut Roy, untuk sinar laser pointer biasa, dengan daya 5 miliwatt bila difokuskan secara monokromatik maka jaraknya bisa mencapai sekitar 100 meter. Dan bila disorot dengan intensitas tinggi dan dikenakan ke mata, maka akan sangat berbahaya.

"Dalam operasi mata, kalau difokuskan terus, laser itu digunakan untuk mengiris dan mengupas," ujar pria yang juga anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini.

Nah, dari jenis cahaya laser yang disorot oleh suporter Malaysia ke arah Markus Horison di Stadion Bukit Jalil semalam, itu diduga kuat jenis laser gun. Kekuatannya jauh lebih besar dari pointer.

"Ini dayanya cukup besar, sekitar antara 10 sampai 25 watt. Jaraknya bisa mencapai sekitar 400 sampai 500 meter. Apalagi kalau difokuskan, akan lebih sangat bahaya," kata Roy.

Penggunaan sinar laser gun biasa digunakan untuk acara-acara pertunjukkan di atas panggung. Biasanya, laser gun ini ditembakkan ke arah awan untuk menampilkan bentuk-bentuk benda di awan.

Meski demikian, kekalahan Indonesia 3-0 di leg pertama final Piala AFF Suzuki atas Malaysia bukan semata-mata karena insiden laser. "Tapi mental. Tapi memang Malaysia diuntungkan dengan adanya laser ini, dan mereka sukses," ujar Roy.

sumber: vivanews (ilustrasi: arcticboy.arcticboy.com)

: tanpa label



Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Film "All Quiet on the Western Front", sepanjang sejarah perfilman diakui sebagai film dengan tema anti peperangan paling sukses yang pernah dibuat. Film yang dibuat dengan berdasarkan novel Erich Maria Remarque ini melibatkan kira-kira 2.000 orang bekas tentara Amerika Serikat (GI) sebagai pemeran. Sedemikian berpengaruhnya "All Quiet on the Western…


MUTIARA HADIST

Rasulullah SAW Bersabda, "Barang Siapa Yang Menikahi Seorang Wanita Karena Kedudukannya, Maka Allah Tidak Akan Menambahkan Baginya Kecuali Kehinaan. Barang Siapa Yang Menikahi Seorang Wanita Karena Kekayaannya, Maka Allah Tidak Akan Menambahkan Baginya Kecuali Kefakiran." Beliau Melanjutkan, "Barang Siapa Yang Menikahi Seorang Wanita Karena Kemuliaan Nasabnya, Maka Allah Tidak Akan Menambahkan Baginya Kecuali Kerendahan. Dan, Barang Siapa Yang Menikahi Seorang Wanita Dan Ia Tidak Menginginkan Kecuali Supaya Dapat Menundukkan Pandangan Dan Menjaga Kemaluannya Atau Menyambung Tali Silaturahim, Maka Allah Akan Memberkahi Mereka Berdua."

Menikahlah Dengan Lurus Sahabatku :)

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More