Kualitas SNR Margin Dan Line Attenuation TelkomSpeedy

Sabtu, 21/09/2013 Internet 12557 hits


Just Share: Yang harus diperhatikan untuk memastikan koneksi speedy bagus adalah SNR Margin dan Line Attenuation. Kedua informasi itu bisa dilihat di modem. Kebetulan saya pakai TP-Link jadi untuk melihat informasi tersebut anda login ke ip modem, kemudian pilih menu Device Info pad Tab Menu Status.

SNR (signal noise ratio) Margin, semakin tinggi semakin bagus. pada modem saya saat ini Downstream 37.5 dan Upstream 30.8 dan itu kualitasnya Outstanding/bagus sekali.

  • 29,0 dB ~ ke atas = Outstanding (bagus sekali)
  • 20,0 dB ~ 28,9 dB = Excellent (bagus) Koneksi stabil.
  • 11,0 dB ~ 19,9 dB = Good (baik) Sinkronisasi sinyal ADSL dapat berlangsung lancar.
  • 07,0 dB ~ 10,9 dB = Fair (cukup) Rentan terhadap variasi perubahan kondisi pada jaringan.
  • 00,0 dB ~ 06,9 dB = Bad (buruk) Sinkronisasi sinyal gagal atau tidak lancar (ter-putus-putus).

Line Attenuation (Redaman pada Jalur), semakin kecil semakin baik. pada modem saya saat ini Downstream 22.2 dan Upstream 10.4 dan itu kualitasnya masuk kategori Excellent/bagus.

  • 00,0 dB ~ 19,99 dB = Outstanding  (bagus sekali)
  • 20,0 dB ~ 29,99 dB = Excellent (bagus)
  • 30,0 dB ~ 39,99 dB = Very good (baik)
  • 40,0 dB ~ 49,99 dB = Good (cukup)
  • 50,0 dB ~ 59,99 dB = Poor (buruk) Kemungkinan akan timbul masalah koneksi (tidak lancar, dsb).
  • 60,0 dB ~ ke atas  = Bad (amburadul) Pasti akan timbul banyak gangguan koneksi (sinyal hilang, tidak bisa  connect, dsb).

Mangga dicek modemna masing-masing, kalau dirasa kualitas kedua paremeter tersebut memprihatinkan, komplain sajah yah ...

referensi: opensource.telkomspeedy.com/wiki

: tanpa label



Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Di usia 25 tahun, ia dipecat dari ketentaraan, selain itu ia telah dipermalukan, patah semangat, tanpa harapan, tanpa uang. Di ujung semua itu, berniat bunuh diri dengan meloncat dari sebuah jembatan. Namun sebelum niat tersebut terjadi, seorang teman datang dan membujuknya untuk membatalkan niat tersebut. Sang pemuda pun membatalkan bunuh…

Let it Go versi Indonesia "Lepaskan" (Let it Go - From Frozen)


MUTIARA HADIST

Rasulullah Bersabda, 'Barangsiapa Berjalan Memenuhi Keperluan Saudaranya Dan Menyampaikan Keinginannya, Maka Itu Lebih Besar (pahalanya) Daripada Iktikaf Di Masjid Selama 10 Tahun, Sedangkan Orang Yang Iktikaf Satu Hari Untuk Mencari Keridhaan Allah, Maka Allah Akan Jadikan Penghalang Antara Ia Dan Neraka Tiga Parit Yang Jauhnya Lebih Dari Dua Ufuk Timur Dan Barat'.

Membahagiakan Saudara Kita

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More