ERROR DATE.TIMEZONE PADA CODEIGNITER

Logo Codeigniter

Tidak dapat dipungkiri, PHP terus berkembang dengan adanya rilis-rilis baru. Konsekwensinya ada beberapa fungsi atau fitur yang dihilangkan atau diganti.

Errornya kurang lebih seperti dibawah ini

Severity: Warning

Message: strtotime(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are required to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected 'Europe/London' for 'BST/1.0/DST' instead

Error/Warning terkait fungsi date berdasar pengalaman saya muncul setelah rilis php 5.3, untuk mengantisipasinya kita harus definisikan timezone tersebut. CMIIW

Saya akan coba share antisipasinya disisi framework codeigniter, yakni dengan menambahkan 1 baris kode dibawah ini pada file index.php (root folder codeigniter:

date_default_timezone_set('Asia/Jakarta');

Asia/Jakarta adalah timezone untuk WIB yang saya pakai, untuk jayapura bisa menggunakan Asia/Jayapura. Untuk list timezone lain bisa diperole di http://in2.php.net/manual/en/timezones.php

Setelah 1 baris kode ditambahkan, refresh webnya atau terlebih dahulu lakukan clear cache apabila fitur cache diaktifkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

: tanpa label

KOMENTAR

Jadilah Pemimpin Bukan Penguasa

Dari Ibnu Umar R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Kamu Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinanmu. Imam (Penguasa) Adalah Pemimpin Dan Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinannya. Seorang Laki-laki Adalah Pemimpin Keluarganya Dan Bertanggung Jawab Mengenai Kepemimpinannya. Istri Adalah Pemimpin Rumah Tangga Suaminya Dan Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya. Pelayan (buruh) Adalah Pemeliharaharta Majikannya Dan Akan Ditanya Mengenai Pemeliharaannya. Maka Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Masing-masing Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com