MENGHAPUS KERNEL LAMA DI UBUNTU

  • putragaluh
  • Minggu, 09/02/2014
  • Ubuntu
  • 962 hits

Hari minggu ini agak santai, akhirnya putuskan untuk bersih-bersih. Bersih-bersih rumah tentunya sudah beres jadi tinggal bersih-bersih komputer.

Nyalain PC, yang pertama kelihatan adalah Grub, baru nyadar banyak juga mungkin ampe sempuluh kernel image yang pastinya sudah tua dan tidak dipakai. Biar hemat space ya dihapus saja :)

Berikut langkah-langkah menghapus kernel image linux pada ubuntu :

Pastikan jangan sampai kita menghapus kernel aktif yang sekarang dipakai atau mungkin kernel lain yang masih digunakan. Ketik "uname -a" untuk memastikannya.

Jalankan perintah dibawah ini untuk melihat daftar kernel image yang ada:

dpkg --list | grep linux-image 

Jalankan perintah dibawah ini untuk menghapus kernel yang diinginkan. Pastikan sesuai dengan namanya termasuk apabila ada versi generic dan pae yang terinstall.

sudo apt-get purge linux-image-x.x.x.x-generic
sudo apt-get purge linux-image-x.x.x.x-generic-pae (optional, apabila ada kernel pae)

Pada ubuntu terbaru, perintah diatas sudah termasuk update konfigurasi Grub (/boot/grub/grub.cfg), namun apabila tidak yakin bisa menjalankan perintah dibawah ini:

sudo update-grub2

Lakukan restart untuk memastikan bahwa kernel lama sudah hilang dari Grub.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ..

: tanpa label

KOMENTAR

Apakah Ini Sering Terjadi Pada Anda?

Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Apabila Telah Diserukan Adzan Untuk Shalat Maka Berlari Mundurlah Setan Sambil Terkentut-kentut, Hingga Tidak Terdengar Olehnya Suara Adzan Itu. Apabila Adzan Telah Selesai, Ia Pun Datang Kembali. Kemudian Ia Mengganggu Hati Orang Yang Shalat, Seraya Berkata, 'Ingatlah Ini Dan Ingatlah Itu.' Padahal Yang Demikian Itu Tidak Pernah Diingatnya Sebelum Shalat. Sehingga Orang Yang Shalat Itu Tidak Tahu Lagi, Sudah Berapa Rakaatkah Shalat Yang Dikerjakannya Itu."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com