Menghapus Kernel Lama Di Ubuntu

Minggu, 09/02/2014 Ubuntu 749 hits


Hari minggu ini agak santai, akhirnya putuskan untuk bersih-bersih. Bersih-bersih rumah tentunya sudah beres jadi tinggal bersih-bersih komputer.

Nyalain PC, yang pertama kelihatan adalah Grub, baru nyadar banyak juga mungkin ampe sempuluh kernel image yang pastinya sudah tua dan tidak dipakai. Biar hemat space ya dihapus saja :)

Berikut langkah-langkah menghapus kernel image linux pada ubuntu :

Pastikan jangan sampai kita menghapus kernel aktif yang sekarang dipakai atau mungkin kernel lain yang masih digunakan. Ketik "uname -a" untuk memastikannya.

Jalankan perintah dibawah ini untuk melihat daftar kernel image yang ada:

dpkg --list | grep linux-image 

Jalankan perintah dibawah ini untuk menghapus kernel yang diinginkan. Pastikan sesuai dengan namanya termasuk apabila ada versi generic dan pae yang terinstall.

sudo apt-get purge linux-image-x.x.x.x-generic
sudo apt-get purge linux-image-x.x.x.x-generic-pae (optional, apabila ada kernel pae)

Pada ubuntu terbaru, perintah diatas sudah termasuk update konfigurasi Grub (/boot/grub/grub.cfg), namun apabila tidak yakin bisa menjalankan perintah dibawah ini:

sudo update-grub2

Lakukan restart untuk memastikan bahwa kernel lama sudah hilang dari Grub.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ..

: tanpa label


Mirror Detikcom

Senin, 10/08/2009

Pidgin Tidak Bisa Login Ke YM

Selasa, 23/06/2009


Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Nama warna Magenta berasal dari nama sebuah pertempuran antara tentara Perancis dan Sardinia melawan tentara Austria di tahun 1859. Pertempuran tersebut berlangsung di sebuah tempat yang bernama "Magenta". Setelah pertempuran usai, warna campuran antara merah dan ungu ditiru oleh para ahli kimia Perancis untuk menggambarkan warna darah yang mengering. Dan…


MUTIARA HADIST

Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Seseorang Datang Kepada Rasulullah Saw Lalu Bertanya, "Ya Rasulullah, Sedekah Manakah Yang Lebih Besar Pahalanya? Rasulullah Saw Menjawab, "Bersedekah Dalam Keadaan Sehat Sedang Engkau Amat Sayang Kepada Harta Tersebut, Takut Miskin Dan Mengharapkan Kekayaan. Oleh Sebab Itu Jangan Menunda-nunda Sehingga Apabila Ruh (nyawa) Sudah Sampai Di Tenggorokan (hampir Mati) Lalu Engkau Berwasiat Untuk Si Fulan Sekian, Untuk Si Fulan Sekian.

Sedekah Paling Besar Pahalanya

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More