Migrasi Dari NVIDIA Ke AMD/ATI Radeon Di Ubuntu 12.04.4

Rabu, 26/02/2014 Ubuntu 788 hits


Dengan alasan peremajaan PC Desktop yang selama ini dipakai, akhirnya jatuh pada pilihan menggunaan AMD setelah sebelumnya lumayan panatik pada Intel hehehe.

Singkat cerita, NVIDIA dilepas dan gantinya pakai Radeon HD5570. Waw, ubuntu (Ubuntu 12.04.4 LTS (GNU/Linux 3.2.0-58-generic-pae i686)) ternyata tidak mau up sempurna alias grafisnya tidak mau muncul sampai form login.

Namun setelah mencari beberapa referensi rujukan dari mang Google, yang harus dilakukan tentunya dengan hapus nvidia dan install ati/amd driver.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan sehingga kini Ubuntu 12.04.4 LTS (GNU/Linux 3.2.0-58-generic-pae i686) bisa running di processor punyanya AMD.

Memastikan VGA terdeteksi oleh ubuntu:

#lspci |grep VGA
01:00.0 VGA compatible controller: Advanced Micro Devices, Inc. [AMD/ATI] Turks LE [Radeon HD 5570/6510/7510/8510]
Remove NVIDIA Driver/Software
#sudo apt-get remove nvidia*
#reboot

Install ATI/AMD Driver

#sudo apt-get install fglrx
#reboot

Allhammdulillah, ubuntu sudah up normal dan kalau kita lihat informasinya via uname -a

Linux putragaluh-desktop 3.2.0-58-generic-pae #88-Ubuntu SMP Tue Dec 3 18:00:02 UTC 2013 
i686 athlon i386 GNU/Linux
Supaya /etc/X11/xorg.conf diperbaharui dengan setup yang baru. banyak yang menyarankan jalankan perintah ini:
#sudo aticonfig --initial
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ..

: tanpa label


Mirror Detikcom

Senin, 10/08/2009

Pidgin Tidak Bisa Login Ke YM

Selasa, 23/06/2009


Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Sam Turner, seorang narapidana tertuduh kasus pembantaian dan pembongkaran, melarikan diri dari kamp kerja tahanan pada tahun 1951. Dalam pelariannya, ia menggunakan nama aslinya untuk mendapatkan kartu Jaminan Sosial berikut dengan SIM Negara Bagian Georgia. Selama bertahun-tahun tidak ada seorangpun menghubungkan dirinya dengan Sam Turner yang melarikan diri dari penjara.…

Let it Go versi Indonesia "Lepaskan" (Let it Go - From Frozen)


MUTIARA HADIST

"Telah Mengabarkan Kepada Kami Ali Bin Abdillah Dari Hisyam Bin Yusuf Dari Ma'mar Dari Az-Zuhri Dari Urwah Bin Zubeir Dari Aisyah R.a. Berkata, "Orang-orang Bertanya Kepada Rasulullah SAW Tentang Para Dukun," Beliau Bersabda, "Tidak Ada Apa-apanya." Para Sahabat Bertanya, "Wahai Rasulullah, Mereka Kadang-kadang Bisa Menceritakan Sesuatu Yang Benar Kepada Kami. Maka Rasulullah SAW Bersabda, "Kalimat Tersebut Berasal Dari Kebenaran Yang Dicuri Oleh Jin, Kemudian Dibisikkan Ke Telinga Para Walinya (dukun). Maka Para Dukun Tersebut Mencampurkan Kalimat Yang Benar Tersebut Dengan Seratus Kedustaan."

Para Dukun Mendapat Informasi Dari Jin

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More