Siklus Hidup Dari Nama Domain Internet (gTLD)

Senin, 07/07/2014 Internet 1234 hits


Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. (wikipedia)

Nama Domain sudah menjadi hal yang sangat penting di internet, sehingga informasi terkait siklus hidup (life cycle) sangat diperlukan demi menjaga Nama Domain yang dimiliki tetap dalam genggaman :)

Tidak jarang, karena tidak mengetahui hal ini domain kesayangan bahkan domain bisnis harus berpindahtangan karena lupa tidak diperpanjang.

Berikut saya coba informasikan Siklus Hidup dari Nama Domain yang masuk dalam gTLD (generic Top Level Domain) misalnya .com .net dst. Informasi lengkap untuk gTLD bisa diperoleh pada di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_top-level_domains#Internationalized_generic_top-level_domains

Domain Life Cycle

Available

Ini adalah phase pertama dimana nama domain bisa didaftarkan. Domain maksimal bisa didaftarkan untuk jangka waktu 10 tahun.

Registered (maksimal 10 Tahun)

Merupakan masa aktif dari suatu Nama Domain dan bisa dilakukan perpanjangan (renewal) tidak melebihi maksimal 10 tahun.

Expired (45 hari)

Masa dimana domain tidak diperpanjang sebelum tanggal berakhir (expired). Semua layanan yang berkaitan dengan Nama Domain tidak berfungsi misalnya email, subdomain dll. Masa expired secara umum adalah 45 hari, dan ini merupakan masa tenggang untuk dilakukan proses renewal.

Redemption Grace Period (30 hari)

Merupakan masa dimana Nama Domain tidak diperpanjang melebihi masa tenggang (45 hari), Redemption Period ini pada umumnya selama 30 hari. Selama masa ini domain masih bisa dilakukan perpanjangan/restore dengan biaya yang sangat mahal sesuai dengan kebijakan registrar.

Pending Delete (5 hari)

Masa dimana Nama Domain sudah tidak bisa diperpanjang/restore. Nama Domain akan kembali ke masa Active setelah 5 hari.

Release (Avaliable)

Nama Domain sudah dihapus dan telah tersedia untuk didaftarkan.

Semoga bermanfaat ..

referensi: https://www.icann.org/resources/pages/gtld-lifecycle-2012-02-25-en

: tanpa label


Distro Installer SchoolOnffLine

Juma't, 24/07/2009

Google Search Engine

Minggu, 12/07/2009


Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Pernikahan aktor Hollywood, Rudolph Valentino dengan aktris Jean Acker, sebagaimana layaknya pernikahan kaum selebritis, berlangsung meriah di Hollywood tanggal 5 November 1919. Namun terdapat hal yang sangat luar biasa terjadi setelah pernikahan itu. Pernikahan pertama Rudolph Valentino itu berakhir enam jam kemudian. Pengantin baru itu sepakat untuk bercerai di pagi…

Wayang Golek: Bonge Beak Ku Sorangan


MUTIARA HADIST

Rasulullah Bersabda, 'Barangsiapa Berjalan Memenuhi Keperluan Saudaranya Dan Menyampaikan Keinginannya, Maka Itu Lebih Besar (pahalanya) Daripada Iktikaf Di Masjid Selama 10 Tahun, Sedangkan Orang Yang Iktikaf Satu Hari Untuk Mencari Keridhaan Allah, Maka Allah Akan Jadikan Penghalang Antara Ia Dan Neraka Tiga Parit Yang Jauhnya Lebih Dari Dua Ufuk Timur Dan Barat'.

Membahagiakan Saudara Kita

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More