Mengenal Mbps Dan MBps Pada Kecepatan Koneksi Internet

Juma't, 27/11/2015 Internet 1247 hits


Melihat dari sudut pandang pengguna atau dalam hal ini pelanggan internet, tulisan ini tentunya sedikit banyak akan memberikan informasi mengenai kecepatan internet yang diberikan oleh provider/penyedia jasa intenet (ISP).

Saya akan ambil contoh misalnya anda berlangganan Telkom Speedy Indihome dengan bandwidth 10Mbps. Yang sering dilakukan biasanya kita melakukan pengecekan kecepatan dengan tools online misalnya dari speedtest.net dan hasilnya memang kita akan mendapatkan kecepatan untuk Download/Unduh kisaran 10Mbps dan Upload/Unggah  kisaran  2Mbps. Kebanyakan pelanggan akan dibingungkan dengan dengan kecepatan yang real diterima ternyata tidak seperti itu pada saat digunakan justru yang kita dapatkan adalah kecepatan dibawah itu misalnya kecepatan download menjadi 1.25 MBps (MB/s) dan upload menjadi 250KBps (KB/s). Berikut akan saya coba uraikan.

Mbps kepanjangan dari Mega Bits Per Second, adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan bits. Sedangkan MBps kepanjangan dari Mega Byte Per Second, adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan byte.

Perbedaan MBps dan Mbps terletak pada besar kecilnya huruf "B". Seperti pada MBps, huruf "B" nya besar berarti kepanjangannya "Byte", sedangkan Mbps huruf "b" nya kecil berarti kepanjangannya "bits". Perbedaannya satuan byte dan bits adalah pada ukurannya, ukuran satuan byte lebih besar dari ukuran satuan bits, 1 bits sama dengan 0.125 byte, atau 1 bits dibagi 8 jika diubah ke satuan byte.


Untuk contoh kasus Telkom Speedy Indihome dengan bandwidth 10Mbps Download dan 2Mbps Upload realnya akan menjadi seperti ini:

Upload

10Mbps / 1000kbps / 10000bps = 1.25MBps
Berarti kecepatan download sebenarnya maksimal hanya 1.25MBps

Download

2MBps / 200kbps / 2000bps = 0.25MBps / 250KBps
Berarti kecepatan upload sebenarnya maksimal hanya 250KBps

Contoh lain :

20Mbps = 2.5MBps

50Mbps = 6.2MBps

Contoh perhitungan diatas dengan limit bandwidth yang presisi/fix, karena realnya terkadang kita mendapatkan bandwidth yang lebih atau kurang dari paket yang digunakan  :)

Nah semoga sekarang sudah ada pencerahan dimana provider internet/ISP menggunakan satuan Mbps (bits) sedangkan pengguna realnya (PC/Gadget/HP) mengunakan satuan MBps (byte).

Semoga bermanfaat dan mohon koreks i apabila ada kekeliruan ..

: tanpa label



Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Menara miring di Pisa Italia, menjadi demikian karena salah desain. Arsiteknya, Bonanno Da Pisa, melakukan kesalahan saat membangun menara itu di tahun 1174. Kesalahannya adalah mendirikan pondasi cuma sedalam 3 meter. Bisa dibandingkan dengan tinggi menara yang mencapai 56 meter. Akibatnya, di tengah pelaksanaan proyek, tanah di sekitar menara bergeser,…


MUTIARA HADIST

Ibnu Umar Ra. Berkata : Rosululloh Saw. Bersabda : Islam Didirikan Atas Lima Sendi : Menyaksikan Dan Percaya Bahwa Tiada Tuhan Kecuali Allah Dan Nabi Muhammad Utusan Allah, Dan Mendirikan Sholat Dan Mengeluarkan Zakat, Dan Haji Ke Baitullah, Dan Puasa Di Bulan Ramadhan

Kewajiban Zakat Dan Puasa

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More