MENGENAL MBPS DAN MBPS PADA KECEPATAN KONEKSI INTERNET

Hasil Speedtest

  • putragaluh
  • Juma't, 27/11/2015
  • Internet
  • 17866 hits

Melihat dari sudut pandang pengguna atau dalam hal ini pelanggan internet, tulisan ini tentunya sedikit banyak akan memberikan informasi mengenai kecepatan internet yang diberikan oleh provider/penyedia jasa intenet (ISP).

Saya akan ambil contoh misalnya anda berlangganan Telkom Speedy Indihome dengan bandwidth 10Mbps. Yang sering dilakukan biasanya kita melakukan pengecekan kecepatan dengan tools online misalnya dari speedtest.net dan hasilnya memang kita akan mendapatkan kecepatan untuk Download/Unduh kisaran 10Mbps dan Upload/Unggah  kisaran  2Mbps. Kebanyakan pelanggan akan dibingungkan dengan dengan kecepatan yang real diterima ternyata tidak seperti itu pada saat digunakan justru yang kita dapatkan adalah kecepatan dibawah itu misalnya kecepatan download menjadi 1.25 MBps (MB/s) dan upload menjadi 250KBps (KB/s). Berikut akan saya coba uraikan.

Mbps kepanjangan dari Mega Bits Per Second, adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan bits. Sedangkan MBps kepanjangan dari Mega Byte Per Second, adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan byte.

Perbedaan MBps dan Mbps terletak pada besar kecilnya huruf "B". Seperti pada MBps, huruf "B" nya besar berarti kepanjangannya "Byte", sedangkan Mbps huruf "b" nya kecil berarti kepanjangannya "bits". Perbedaannya satuan byte dan bits adalah pada ukurannya, ukuran satuan byte lebih besar dari ukuran satuan bits, 1 bits sama dengan 0.125 byte, atau 1 bits dibagi 8 jika diubah ke satuan byte.


Untuk contoh kasus Telkom Speedy Indihome dengan bandwidth 10Mbps Download dan 2Mbps Upload realnya akan menjadi seperti ini:

Upload

10Mbps / 1000kbps / 10000bps = 1.25MBps
Berarti kecepatan download sebenarnya maksimal hanya 1.25MBps

Download

2MBps / 200kbps / 2000bps = 0.25MBps / 250KBps
Berarti kecepatan upload sebenarnya maksimal hanya 250KBps

Contoh lain :

20Mbps = 2.5MBps

50Mbps = 6.2MBps

Contoh perhitungan diatas dengan limit bandwidth yang presisi/fix, karena realnya terkadang kita mendapatkan bandwidth yang lebih atau kurang dari paket yang digunakan  :)

Nah semoga sekarang sudah ada pencerahan dimana provider internet/ISP menggunakan satuan Mbps (bits) sedangkan pengguna realnya (PC/Gadget/HP) mengunakan satuan MBps (byte).

Semoga bermanfaat dan mohon koreks i apabila ada kekeliruan ..

: tanpa label

KOMENTAR

Hari Gini! Masih Menunda-nunda

Jika Kamu Berada Di Sore Hari, Jgn Kau Tunggu Pagi Hari. Dan Jika Kau Berada Di Pagi Hari, Janganlah Menunggu Sore Hari. Ambillah Persiapan Saat Engkau Sehat Utk Menghadapi Masa Sakitmu Dan Saat Hidupmu Utk Sesudah Kematianmu

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com