OPENDNS BISA JADI SOLUSI UNTUK IMPLEMENTASI UU-ITE

  • putragaluh
  • Sabtu, 29/03/2008
  • Internet
  • 2144 hits

Malam minggu ini tadinya mau maen sama mantan pacar, tapi karena anak saya baru sembuh dari sakit akhirnya DRS deh .. alias DiRumahSajahhhh .. Sambil nonton extravaganza, tiba browser saya mengarah ke url opendns tanpa disengaja. setelah dibaca2 ternyata bagus dan bermanfaat untuk diimplementasikan minimal di lingkungan sekolah atau warnet .. supaya lebih mudah dipelajari, informasi dari website resminya saya sederhanakan. semoga bermanfaat.

OpenDNS adalah salah satu layanan DNS Global yang bisa kita manfaatkan didalam jaringan WAN atau LAN kita. Tanpa kita direpotkan dengan masalah teknis dan hardware tambahan, kita sudah bisa menikmati layanannya.

Layanan ini bisa dikolaborasikan dengan Aplikasi Content Filter seperti Dansguardian atau Squidguard .. tapi kalo misal ingin mudah ya .. bisa memanfaatkan layanan OpenDNS ini. Didalam web resminya OpenDNS disebutkan beberapa fitur :

Cara menggunakan layanan OpenDNS kita hanya daftar user di websitenya opendns.com kemudian ikuti instruksi yang diberikan. Intinya nanti kita memasukan IP atau Network dari ISP kita, biasanya sudah dapat langsung di deteksi oleh OpenDNS .. kita juga bisa modifikasi logo kita sendiri di halaman blocking nantinya ..

setelah itu kita tinggal mengarahkan Primary dan Secondary DNS jaringan kita ke 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 .. bagi yang pake linux bisa masukin sebagai DNS Forwarder di DNS Server kita .. :

Bagi yang menggunakan Bind, Edit atau tambahkan pada file /etc/named.conf, /etc/bind/named.conf, atau /etc/namedb/named.conf :

options {

forwarders {

208.67.222.222;

208.67.220.220;

};

};

atau hanya di resolver router/server dns cache lokal kita :

Edit /etc/resolv.conf untuk menggunakan DNS dari OpenDNS

nameserver 208.67.222.222

nameserver 208.67.220.22

atau menambahkan parameter di squid proxy /etc/squid/squid.conf

ns_nameservers 208.67.222.222 208.67.220.220

Bagi penggemar Wxxxxx$ caranya juga mudah, cukup masukan dns diatas dibagian setting IP address.

Artikel aslinya bisa dilihat di : https://www.opendns.com/start

Selamat Mencoba ...

: tanpa label

KOMENTAR

Muslim Yang Saling Membunuh

Dari Abu Bakrah (Nufa'i) Bin Al Harits Ats Tsaqafy Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Apabila Dua Orang Muslim Berhadapan Dengan Pedang Masing-masing Maka Pembunuh Dan Terbunuh Keduanya Sama-sama Masuk Neraka. Abu Bakrah Bertanya, "Ya Rasulullah, Yang Membunuh Jelas Masuk Neraka Tetapi Mengapa Yang Terbunuh Juga Demikian? Rasulullah Saw Menjawab, "Karena Ia Juga Memiliki Niat Sungguh-sungguh Akan Membunuh Lawannya."

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com