PERMOHONAN MUTASI PERUBAHAN DAYA LISTRIK PLN DARI 1300 VA KE 2200 VA CEPAT DAN MUDAH

Saklar Meteran 2200 VA

  • putragaluh
  • Kamis, 12/03/2020
  • Diary
  • 403 hits

Berawal dari sering turunnya saklar meteran pas giliran pemakaian listrik sedang tinggi akhirnya coba baca-baca perihal naik daya dari 1300 VA (saat ini) ke 2200 VA.

Ternyata prosesnya cukup mudah dan bisa dikerjakan dari depan laptop, Berikut saya coba share pengalaman dari mulai mengisi form pengajuan sampai proses instalasi oleh petugas PLN.

Isi Form Permohonan Mutasi/Naik Daya

Untuk mengisi form secara online, harus disiapkan ID Pelanggan/ID Meter listrik dan Alamat email yang masih aktif. Setelah siap, baru isi form melalui link berikut: 

https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/perubahan-daya-migrasi

Ikuti proses pengisian form sampai selesai. Cek email anda untuk mendapatkan email konfirmasi perihal Permohonan Mutasi Perubahan Daya. Pada email tersebut anda akan memperoleh informasi perihal pengajuan yang telah dilakukan. Apabila ada data yang salah lakukan pengisian ulang form link diatas.

Apabila data pada email sudah benar, silakan catat atau copy kode transaksi pada email  teresebut dan akses url:

http://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/entri-kode-konfirmasi atau

https://layanan.pln.co.id/KonfirmasiMohon.html

Masukan kode pada form, kemudian klik Simpan.

Simpan kode yang ditampilkan pada layar atau cek kembali email anda untuk mendapatkan Nomor Agenda dan Kode Bayar. Kode Agenda digunakan untuk melakukan pengecekan status pengajuan sedangkan kode bayar adalah kode yang nantinya harus kita isikan pada saat melakukan pembayaran. Pembayaran yang saya lakukan melalui ATM BCA. Bisa juga dilakukan di kantor pos atau outlet PLN.

Untuk pembayaran via ATM BCA caranya cukup mudah, pastikan print atau catat kode bayar yang ada pada email.

  • Setelah memasukkan PIN, pilih Menu Transaksi Lainnya
  • Kemudian pilih menu Pembayaran
  • Lanjut pilih Menu Listrik/PLN
  • Next pilih menu PLN NONTAGLIS
  • Lanjutkan dengan memasukkan kode bayar
  • Selesai (apabila saldo cukup dan proses dinyatakan berhasil oleh system di ATM).

Simpan struk ATM pembayaran mungkin diperlukan untuk kenang-kenangan :) sampai proses ini harusnya kode bayar sudah otomatis update disistem PLN.

Untuk memastikan pembayaran sudah OK, bisa dicek statusnya melalui url:

https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/status-permohonan-pelanggan atau 

https://layanan.pln.co.id/InfoMohon.html

Informasi status pemohon ada paling bawah, apabila pembayaran sudah tervalidasi akan muncul tanggal pembayaran.

UPDATE: Pembayaran juga bisa dilakukan melalui Internet Banking BRI, sudah saya coba bisa melalui menu Pembayaran Tagihan -> Pembayaran Listrik nanti pilih opsi Non Tagihan Listrik alias nontaglis masukkan kode bayar. Pastikan saldo mencukupi hihi ..

Sampai disini, selanjutnya adalah menunggu petugas PLN untuk memproses. Lamanya biasanya berdasarkan antrian, dibutuhkan 2 hari dari tanggal pengajuan petugas datang untuk melakukan proses instalasi ke tempat saya hehe..


Siapkan Copy KTP dan Materan 6000 jangan lupa ya .. dan biasanya akan diajak foto2 juga buat laporan katanya :)

Instalasi Tambahan (oleh pelanggan)

Ini hanya optional, disesuaikan dengan kondisi. Kebetulan MCB yang dipakai dirumah hanya 6 Ampere dan masih turun setelah proses upgrade, akhirnya disarankan oleh petugas untuk mengganti MCB menjadi 10 Ampere dan itu harus beli sendiri hihi .. 


Dirumah pakai 2 MCB 6 Ampere, yang turun cuma 1 jadinya disarankan ganti 1 saja dulu menjadi 10 Ampere. Sekarang jadi tahu bedanya tulisan Cx pada MCB, C6 berarti 6 Ampere dan C10 itu 10 Ampere hahaha

Dan ganti ini bisa sendiri lho, cuma buka baut trus pasang lagi dengan mcb yang  baru .. jangan lupa, saklar meterannya matiin dulu ya :)

Demikian semoga membantu ..


: tanpa label

KOMENTAR

Puasa Yang Diterima

Barangsiapa Yang Berpuasa Dengan Keimanan Dan Dalam Rangka Mencari Pahala Disisi Allah, Maka Dosanya Yang Telah Lalu Diampuni.

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com