Install/Uninstall PostgreSQL Pada CPanel/WHM Server

Selasa, 08/06/2010 Internet 3862 hits


Bagi para penyedia jasa web hosting atau lebih kerennya disebut sebagai Web Hosting Provider, melengkapi fitur web hostingnya dengan salah satu Database yang lumayan populer yakni PostgreSQL. Namun secara umum MySQL ternyata lebih mendominasi terlebih beberapa aplikasi memang lebih cenderung support MySQL sebagai Database Engine-nya.

Langsung saja kepada pembahasan yakni mengenai cara Install dan Uninstall PostgreSQL Pada Cpanel/WHM Server.

PostgreSQL

INSTALL

Instalasi PostgreSQL bukanlah proses yang sulit, tapi Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memastikan bahwa semuanya sudah terkonfigurasi dengan benar.

Catatan: cPanel membutuhkan PostgreSQL 7.3.x keatas. Versi sebelumnya tidak akan bekerja.

  1. Jika perlu, update ke cPanel 7.4.0 build 45 (or later). * Anda dapat memperbarui cPanel dengan mengetik perinta /scripts/upcp dari konsole sebagai root.
  2. Menggunakan perintah konsole, login ke server Anda sebagai root.
  3. Jika Anda memiliki PostgreSQL 7.2.x terinstal, back up database Anda menggunakan pg_dumpall atau metode lainnya.
  4. Jika Anda tidak memiliki database yang ingin Anda simpan, memindahkan direktori yang ada data PostgreSQL tempat lain, misalnya, mengetik perintah berikut: * mv /var/lib/pgsql /var/lib/pgsql.old
  5. Ketik perintah berikut: * /scripts/installpostgres
  6. Dari web browser Anda, login ke WebHost Manager/WHM.
  7. Pilih Postgres Config pada bagian Layanan SQL WHM.
  8. Ketik password PostgreSQL baru dalam kotak teks dan klik Change Password. * ALERT! Peringatan: Jangan gunakan karakter non-alfa numerik, sebagai penyebab masalah ini.
  9. Jika Anda menginstal PostgreSQL untuk pertama kalinya, klik tombol Install Config. * ALERT! Peringatan: Jika Anda memiliki konfigurasi PostgreSQL yang ada, ini akan menimpa file konfigurasi otentikasi (pg_hba.conf).
  10. Jika Anda melakukan upgrade dari PostgreSQL 7.2.x atau sebelumnya, mengembalikan SQL dump yang Anda buat pada langkah 3 dengan menggunakan psql atau metode lainnya.
  11. PostgreSQL sudah dapat diakses dari cPanel.

Catatan: Untuk informasi lebih lanjut tentang PostgreSQL, kunjungi website PostgreSQL.

UNINSTALL

Caranya juga tidak terlalu sulit, meski diawal-awal sempat kesulitan mencari informasi untuk uninstall PostgreSQL. Akhirnya ketemu juga dan allhammdulillah berhasil. Proses uninstall bisa dilakukan via konsole sebagai root tentunya dengan melakukan beberapa perintah. Berikut perintah yang dijalankan :

[email protected] [/]# rpm -e postgresql-server
[email protected] [/]# rpm -e postgresql-devel

//opsional, cek paket: rpm -qa postgresql-contrib
[email protected] [/]# rpm -e postgresql-contrib-7.3.4-11

[email protected] [/]# rpm -e postgresql

then chkserver --del postgresql
delete it completely to make sure

rm -rf /var/run/chkservd/postgresql

service cpanel restart

Catatan: cara diatas telah diujicoba di FC1 & FC2, RH9 dan Centos 5.5

ref: forums.cpanel.net & docs.cpanel.net

: tanpa label



Silakan beri komentar :)

Tahukah ANDA ?
Para ilmuwan yang terlibat penelitian tingkah laku hewan, menyatakan bahwa babi, tidak seperti hewan peliharaan manusia lainnya, memiliki kemampuan berpikir yang unik. Babi dapat memecahkan suatu persoalan dengan cara memikirkannya terus menerus, bukan dengan pikiran sekilas. Dari hasil penelitian itu pula ditemukan bahwa, apa yang bisa dikerjakan oleh anjing, dapat…


MUTIARA HADIST

Dari Abdillah Bin 'Amr Bin Al-'Ash Ra. Bahwa Rasulullah Saw Bersabda: "Barangsiapa Yang Memiliki Empat Sifat Maka Ia Munafik Murni Dan Barangsiapa Memiliki Satu Darinya, Berarti Ia Mempunyai Satu Sifat Munafik, Yaitu Jika Diberi Amanat Ia Berkhianat, Bila Bicara Ia Dusta, Jika Berjanji Ia Mengingkari Dan Jika Bersengketa Ia Membongkar Rahasia Terdahulu."

Apakah Anda Punya Sifat Munafik?

Hosting, VPS & Server

Kini saatnya memiliki website/blog professional dan memiliki prestise baik untuk pribadi maupun instansi/perusahaan. Layanan VPS maupun Dedicated Server dengan harga yang terjangkau

Learn More

Web Desain

Memerlukan layanan Jasa pembuatan website ? Jangan ragu untuk menggunakan layanan GaluhWeb yang telah digunakan oleh puluhan Pelanggan. Ayo tunggu apalagi ?

Learn More

Domain

Gunakan identitas bisnis atau blog dengan domain yang keren. Harga murah dengan fitur melimpah. Buruan daftarkan domain anda sebelum keduluan yang lain :)

Learn More