INSTALL/UNINSTALL POSTGRESQL PADA CPANEL/WHM SERVER

  • putragaluh
  • Selasa, 08/06/2010
  • Internet
  • 6588 hits

Bagi para penyedia jasa web hosting atau lebih kerennya disebut sebagai Web Hosting Provider, melengkapi fitur web hostingnya dengan salah satu Database yang lumayan populer yakni PostgreSQL. Namun secara umum MySQL ternyata lebih mendominasi terlebih beberapa aplikasi memang lebih cenderung support MySQL sebagai Database Engine-nya.

Langsung saja kepada pembahasan yakni mengenai cara Install dan Uninstall PostgreSQL Pada Cpanel/WHM Server.

PostgreSQL

INSTALL

Instalasi PostgreSQL bukanlah proses yang sulit, tapi Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memastikan bahwa semuanya sudah terkonfigurasi dengan benar.

Catatan: cPanel membutuhkan PostgreSQL 7.3.x keatas. Versi sebelumnya tidak akan bekerja.

  1. Jika perlu, update ke cPanel 7.4.0 build 45 (or later). * Anda dapat memperbarui cPanel dengan mengetik perinta /scripts/upcp dari konsole sebagai root.
  2. Menggunakan perintah konsole, login ke server Anda sebagai root.
  3. Jika Anda memiliki PostgreSQL 7.2.x terinstal, back up database Anda menggunakan pg_dumpall atau metode lainnya.
  4. Jika Anda tidak memiliki database yang ingin Anda simpan, memindahkan direktori yang ada data PostgreSQL tempat lain, misalnya, mengetik perintah berikut: * mv /var/lib/pgsql /var/lib/pgsql.old
  5. Ketik perintah berikut: * /scripts/installpostgres
  6. Dari web browser Anda, login ke WebHost Manager/WHM.
  7. Pilih Postgres Config pada bagian Layanan SQL WHM.
  8. Ketik password PostgreSQL baru dalam kotak teks dan klik Change Password. * ALERT! Peringatan: Jangan gunakan karakter non-alfa numerik, sebagai penyebab masalah ini.
  9. Jika Anda menginstal PostgreSQL untuk pertama kalinya, klik tombol Install Config. * ALERT! Peringatan: Jika Anda memiliki konfigurasi PostgreSQL yang ada, ini akan menimpa file konfigurasi otentikasi (pg_hba.conf).
  10. Jika Anda melakukan upgrade dari PostgreSQL 7.2.x atau sebelumnya, mengembalikan SQL dump yang Anda buat pada langkah 3 dengan menggunakan psql atau metode lainnya.
  11. PostgreSQL sudah dapat diakses dari cPanel.

Catatan: Untuk informasi lebih lanjut tentang PostgreSQL, kunjungi website PostgreSQL.

UNINSTALL

Caranya juga tidak terlalu sulit, meski diawal-awal sempat kesulitan mencari informasi untuk uninstall PostgreSQL. Akhirnya ketemu juga dan allhammdulillah berhasil. Proses uninstall bisa dilakukan via konsole sebagai root tentunya dengan melakukan beberapa perintah. Berikut perintah yang dijalankan :

[email protected] [/]# rpm -e postgresql-server
[email protected] [/]# rpm -e postgresql-devel

//opsional, cek paket: rpm -qa postgresql-contrib
[email protected] [/]# rpm -e postgresql-contrib-7.3.4-11

[email protected] [/]# rpm -e postgresql

then chkserver --del postgresql
delete it completely to make sure

rm -rf /var/run/chkservd/postgresql

service cpanel restart

Catatan: cara diatas telah diujicoba di FC1 & FC2, RH9 dan Centos 5.5

ref: forums.cpanel.net & docs.cpanel.net

: tanpa label

KOMENTAR

Membahagiakan Saudara Kita

Rasulullah Bersabda, 'Barangsiapa Berjalan Memenuhi Keperluan Saudaranya Dan Menyampaikan Keinginannya, Maka Itu Lebih Besar (pahalanya) Daripada Iktikaf Di Masjid Selama 10 Tahun, Sedangkan Orang Yang Iktikaf Satu Hari Untuk Mencari Keridhaan Allah, Maka Allah Akan Jadikan Penghalang Antara Ia Dan Neraka Tiga Parit Yang Jauhnya Lebih Dari Dua Ufuk Timur Dan Barat'.

Layanan SSD Web Hosting

Fitur Hosting Lengkap, Cloudlinux, Apache/Nginx/Litespeed PHP Multiversion, MariaDB, Remote Backup DNS Cluster, Immunify360, Secure dan Stabil

Layanan Web Desain

Percayakan pembuatan website anda kepada GaluhWeb.com baik untuk instansi, perusahaan ataupun personal. Lebih dari 100 project telah membuktikannya.

Layanan VPS & Dedicated Server

Dapatkan kontrol penuh untuk mengelola bisnis, blog, aplikasi dengan layanan Virtual Private Server atau Dedicated Server. Ayo naik level sekarang bersama GaluhWeb.com !

Value Added Service

Dapatkan juga layanan tambahan lainnya seperti Nama Domain, Mail Hosting, Streaming Hosting, Sitelock, SSL dan masih banyak lagi.

GaluhWeb.com